Pemuda Muslim Di Jayapura; Amankan Ibadah Natal

Pemuda Muslim Di Jayapura; Amankan Ibadah Natal

Jayapura, Kabarindo - Sejumlah pemuda muslim yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dari sejumlah kampus di Kota Jayapura, Papua, Minggu (24/12) malam, ikut mengamankan ibadah Natal.

Mereka turut membantu pihak kepolisian setempat mengatur kelancaran berlalu lintas.

Rifai, salah satu anggota HMI itu mengaku bersama rekan-rekannya membantu aparat keamanan dalam mengamankan ibadah Natal 2017 dan mengatur kelancaran berlalu lintas.

"Ini merupakan kedua kali bagi saya ketika bergabung dengan HMI. Kami ingin membantu saudara kami umat Nasrani yang sedang menjalankan ibadah natal, termasuk dalam mengatur kelancaran berlalu lintas," katanya lagi.

Menurut dia, dengan ikut serta membantu mengamankan ibadah natal dan membantu kelancaran berlalu lintas bersama aparat kepolisian merupakan salah satu sikap toleransi yang harus dilakukan oleh sesama anak bangsa.

"Kami hidup di Papua saling menjaga, saling toleransi, dan sikap inilah yang terus kami jaga. Tiap tahun kami dari HMI selalu turun ke jalan untuk membantu umat Nasrani yang sedang merayakan malam kudus atau natal, dengan harapan semua prosesi ibadah berjalan lancar, aman dan damai," kata Rifai.

Senada itu, Andriyani salah satu rekan Rifai, mahasiswi dari Kampus Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura mengaku baru pertama kali ikut ambil bagian dalam aksi tersebut.

"Ini pertama kali bagi saya, tidak dipaksakan. Tidak ada motivasi lainnya, tapi seorang muslim yang ingin menjaga kedamaian bersama saudara kami umat Nasrani yang sedang beribadah di malam natal," katanya pula.

Sejumlah titik tempat ibadah di Kota Jayapura dan sekitarnya nampak sejumlah aparat kepolisian dari Polres Jayapura Kota bersiaga mengatur kelancaran berlalu lintas dan juga mengamankan ibadah natal.

Di depan Gereja Elim, Kelurahan Kota Baru, Distrik Abepura, Kota Jayapura nampak sejumlah anggota polisi dari Polsek Abepura Kota dibantu personel dari Polres Jayapura Kota terlihat dengan sigap mengatur kelancaran berlalu lintas.

Begitu pun di Jalan Sam Ratulangi pusat Kota Jayapura yang terdapat Gereja GKI Pengharapan nampak sejumlah polisi dengan sigap mengatur kelancaran berlalu lintas seperti dilansir dari laman antaranews.