Pemprov DKI; Raih Penghargaan IPK Terbaik

Pemprov DKI; Raih Penghargaan IPK Terbaik

Jakarta, Kabarindo- Pemprov DKI Jakarta mendapatkan penghargaan dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) RI dalam Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan (IPK) Terbaik 2013.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans), Muhaimin Iskandar kepada Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) di Kantor Kemenakertrans, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (5/12).

Menanggapi hal tersebut, Jokowi mengungkapkan upaya agar mendapatkan penghargaan itu. Yakni dengan mendorong dunia usaha, swasta, dan korporasi memberikan pelatihan kepada para karyawannya. Termasuk peran Pemprov DKI yang juga melakukan hal yang sama.

"Saya kira tanpa itu kualitas dan kualifikasi tenaga kerja kita tidak akan bisa naik," kata Jokowi.

Agar tetap mempertahankan predikat tersebut, Jokowi menyebutkan jika pihaknya akan terus mendorong dunia usaha di seluruh perusahaan dan korporasi. Termasuk juga pelatihan dan training yang dilakukan oleh pihak Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Tenaga Kerja.

Hal tersebut juga berlaku dalam menurunkan jumlah pengangguran di DKI. Terutama bagi mereka para lulusan dari SMK, akademi, maupun universitas apabila sesuai dengan latar belakangnya maka akan lebih mudah terserap.

"Dunia usaha itu melihat keuntungan, untung dan rugi. Kalau di Jakarta dianggap UMP-nya sudah tidak sesuai industri mereka (pengusaha), mereka akan bergeser ke daerah lain. Mungkin tetap industri di sini tapi ekspansi ke daerah lain," tuturnya menanggapi industri di DKI yang juga mulai bergeser.

Hal tersebut bisa saja terjadi karena para pengusaha menyesuaikan dengan UMP yang sesuai perhitungan dan margin mereka. Dengan demikian, pihaknya tidak mungkin memaksa dunia usaha yang cepat sekali bergerak.

"Oleh sebab itu kita di sini memperbaharui agar yang masuk ke DKI sesuai dengan UMP yang ada di DKI. Misalnya ya memang yang industri-industri yang levelnya agak menengah ke atas," pungkasnya.

Selain mendapatkan penghargaan IPK Terbaik 2013, Pemprov DKI juga mendapatkan penghargaan Indikator Produktivitas Tenaga Kerja 2013. Sementara itu, predikat IPK Terbaik 2013 juga didapatkan oleh Provinsi Kepulauan Riau dan Provinsi Kalimantan Tengah di bawah DKI Jakarta seperti dilansir dari laman beritasatu.