Pemprov DKI Jakarta; Siap Punya Pejabat Baru

Pemprov DKI Jakarta; Siap Punya Pejabat Baru

Jakarta, Kabarindo- Meski belum memastikan waktu pelantikan pejabat eselon II di lingkungan Pemprov DKI yang akan dilakukan pekan ini, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan ingin pelantikan digelar pada Jumat (31/10).

“Kayaknya kalau digelar Jumat oke juga ya,” kata Basuki seusai menjadi Inspektur Upacara Apel Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Lapangan Eks Irti Monas, Jakarta Pusat, Selasa (28/10).

Ketika ditanya berapa banyak pejabat eselon II yang akan dilantik dan dirotasi, Basuki hanya tersenyum dan meminta awak media bertanya kepada Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah.

“Tanya Pak Sekda aja ya,” ujarnya sambil tertawa.

Ditodong tiba-tiba oleh Basuki, Sekda DKI Saefullah hanya senyum-senyum saja. Meski didesak awak media untuk membocorkan nama-nama dan jumlah pejabat eselon II yang akan dilantik pada Jumat pekan ini, Saefullah tidak mau mengungkapkannya.

“Pokoknya pejabat eselon II saja. Berapa jumlahnya dan siapa orangnya, nanti saya laporan dulu sama Pak Plt Gubernur. Masa saya belum laporan ke beliau, sudah laporan ke kamu,” kata Saefullah sambil menunjuk wartawan.

Mantan Wali Kota Jakarta Pusat ini menyatakan akan melaporkan hasil tes lelang jabatan para pejabat eselon II terlebih dahulu kepada Basuki.

Kemudian nanti yang menentukan pejabat yang akan dilantik menempati jabatan baru adalah Basuki, bukan dirinya.

“Hasil tesnya yang akan saya laporkan ke Pak Basuki,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta, I Made Karmayoga, menerangkan alasan pelantikan pejabat eselon II dimajukan, dari awalnya Desember menjadi pekan ini di bulan Oktober.

Hal itu karena Basuki ingin melakukan percepatan rotasi pimpinan SKPD-SKPD di DKI Jakarta.

“Pak Plt Gubernur mempunyai naluri dan feeling, memang perlu ada percepatan rotasi pimpinan di SKPD-SKPD yang perlu didorong keberanian pimpinannya,” jelas Made.

Menurutnya, untuk menjalankan program pembangunan Kota Jakarta yang berkesinambungan diperlukan pimpinan SKPD yang berani melangkah ke depan dalam menjalankan tugasnya.

“Sekaran mencari pemimpin harus yang berani melangkah ke depan. Jadi yang akan dilantik pekan ini, ya pejabat eselon II,” ungkapnya.

Kendati demikian, Made enggan menyebutkan pejabat yang akan dilantik.

Secara pasti, pejabat eselon yang akan dilantik akan mengisi jabatan Kepala Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP), Kepala Badan Unit Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (BULP) dan Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja sama Luar Negeri (KDH-KLN) seperti dilansir dari laman beritasatu.