Pemkot Palembang; Siap Punya Pasar Batu Akik

Pemkot Palembang; Siap Punya Pasar Batu Akik

Palembang, Kabarindo- Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, menjanjikan berdirinya pasar batu akik di Jakabaring untuk merespon tingginya minat masyarakat pada bisnis itu.

Plt Wali Kota Harnojoyo di Palembang, Kamis, mengatakan pasar batu akik ini menjadi bagian dari "pasar hobi" yakni pasar yang juga menjual burung dan pernak-pernik.

"Minat terhadap batu akik saat ini tinggi sekali, sementara pedagang hanya memanfaatkan pinggiran jalan di Jalan Jenderal Sudirman. Pemerintah kota mengamati sudah sepantasnya ada pasarnya sendiri," katanya.

Ia mengemukakan, pemerintah kota telah membidik kawasan Taman Pelangi Jakabaring sebagai tempat yang cocok untuk pasar batu akik ini.

Menurutnya, pemerintah telah memiliki desain pasar dengan konsep dua lantai ini.

"Saat ini sedang membangun koordinasi dengan pemerintah provinsi, dan pada prinsipnya memberikan dukungan," ujar dia.

Bisnis batu akik demikian menggeliat di Palembang dalam beberapa bulan terakhir.

Puluhan pedagang dan ratusan pembeli memadati kawasan Cinde setiap hari untuk bertransaksi jual beli.

Menurut Harnojoyo, membludaknya pengunjung pasar tersebut telah menggangu kondisi lalu lintas di kawasan tersebut.

Untuk mengatasinya, pemerintah kota berencana menyewa gedung Bioskop Cineplex Cinde yang sudah tidak terpakai sembari menunggu berdirinya pasar batu akik di Jakabaring.

"Daripada tidak terpakai lebih baik dijadikan tempat berjualan batu akik, tidak masalah pemerintah kota menyewa tempatnya," kata Harnojoyo seperti dilansir dari laman antaranews.