Pemkot Bekasi; Siap Operasikan Jalan Sisi Kalimalang

Pemkot Bekasi; Siap Operasikan Jalan Sisi Kalimalang

Bekasi, Kabarindo- Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, segera mengoperasikan jalan sisi Kalimalang dalam rangka mengurai kemacetan lalu lintas di pusat kota.

"Kami sedang kerjakan jalan sisi Kalimalang mulai dari Metropolitan Mal hingga Sumberartha. Proyeknya saat ini sudah menyambung dan steril dari bangunan liar," kata Kepala Dinas Bina Marga dan Tata Air Kota Bekasi Tri Adiyanto di Bekasi, Sabtu (21/12).

Menurutnya, jalur penghubung Jakarta Timur dan Kota Bekasi itu rencananya akan dioperasikan bersamaan dengan pembukaan pintu keluar Tol Bekasi Barat III Jakarta-Cikampek.

"Rencananya Desember ini exit tol Bekasi Barat III sudah bisa dioperasikan," katanya.

Dikatakan Tri, kehadiran jalan sisi Kalimalang dan pintu tol Bekasi Barat III diyakini akan mengurangi penumpukan kendaraan di Jalan Raya Ahmad Yani, Bekasi Selatan yang merupakan pusat aktivitas kota.

Menurutnya, Kementerian Pekerjaan Umum mengalokasikan anggaran Rp 2,5 miliar untuk proyek pelebaran Jalan KH Noer Alie Kalimalang itu.

"Pelebaran jalan itu dilakukan dengan menambah akses jalan sisi Kalimalang sepanjang 3,5 kilometer dengan lebar tujuh meter," katanya.

Menurut dia, dana tersebut diperuntukkan bagi pembangunan fisik jalan dengan sistem beton.

"Nantinya Jalan KH Noer Alie ini akan dipisahkan oleh aliran Kalimalang di bagian tengahnya. Dua badan jalan yang terpisah akan dibuat tiga lintasan, dua ke arah Jakarta, dan satu arah ke Kota Bekasi," katanya seperti dilansir dari laman beritasatu.