Pemkab Bogor; Gelontorkan Rp 6 Miliar

Pemkab Bogor; Gelontorkan Rp 6 Miliar

Bogor, Kabarindo- Program Pembangunan Mengelola untuk Infrastruktur Desa (Gumbira) Kabupaten Bogor akan menyalurkan dana Rp6 miliar untuk enam desa berprestasi setiap tahunnya.

"Program gumbira yang sudah berlangsung sejak 2009 hingga sekarang terus berjalan baik," kata Asisten Pemerintahan Kabupaten Bogor, Herdi di Cibinong, Jumat.

Herdi mengatakan seleksi desa berprestasi program gumbira di kabupaten Bogor dilakukan oleh tim ahli dan penilai dari Pemkab Bogor, karena ada 417 desa di kabupaten Bogor maka dana gumbira hanya satu kali diberikan Pemkab Bogor kepada desa berprestasi.

"Pemkab Bogor menggunakan 'system rolling' untuk penyaluran dana gumbira agar semua desa di kabuapten bisa mendapatkannya. Jadi satu desa hanya dapat Rp1 miliar dari program gumbira," jelasnya.

Ia menjelaskan dana gumbira bisa digunakan langsung oleh desa untuk pembangunan desa. Desa diberikan kebebasan dalam penggunaan dana gumbira. Tapi pengelolaan dan laporan tetap diawasi oleh pemerintah kabupaten Bogor agar tidak ada penyalah gunaan anggaran.

"Biasanya desa menggunakan dana gumbira untuk pembangunan infrastruktur jalan. Agar akses perekonomian desa bisa berjalan baik dan menambah peningkatan perekonomian masyarakat," katanya.

Menurut dia program gumbira akan terus dilakukan setiap tahunanya. Agar pembangunan di kabupaten Bogor merata dan bisa dinikmati semua masyarakat.

Dikatakannya dari program gumbira yang sudah berjalan tampak bahwa infrastruktur pembangunan desa dan perekonomian masyarakat semakin meningkat di desa.

"Semoga saja ditahun berikutnya, banyak desa berprestasi baik tingkat daerah maupun nasional dan pendapat asli daerah meningkat," katanya.

Jadi bisa lebih dari enam desa yang bisa mendapatkan dana program gumbira," kata Herdi.

Menurut dia selain program gumbira, Pemkab Bogor juga memilik program rumah sehat layak huni untuk masyarakat kabupaten Bogor. Demi meningkatkan kehidupan masyarakat jadi lebih baik dan menjadi kabupaten termaju di Indonesia seperti dilansir dari laman beritasatu.