Pemerintah Siap Bangun 250 Ribu Rumah; Bagi Warga Miskin

Pemerintah Siap Bangun 250 Ribu Rumah; Bagi Warga Miskin

Cilacap, Jawa Tengah, Kabarindo- Selain pembangunan rumah untuk rakyat miskin, Kemenpera juga memberikan dana stimulan kepada warga untuk peningkatan kualitas rumah.

Itu adalah keterangan pers dari Staf Ahli Menteri Perumahan Rakyat Imam Achit di Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (19/5) kemarin seperti dilansir dari laman MIcom.

Imam mengatakan hal itu dalam acara peletakan batu pertama pengembangan Institut Agama Islam Imam Ghozali (IAIIG) Kesugihan Cilacap. Ia mengatakan, dana stimulan yang digunakan untuk peningkatan kualitas rumah yang terdiri dari atap, lantai dan dinding sebesar Rp6 juta per rumah.

Selain itu, kata dia, Kemenpera juga menyediakan dana stimulan sebesar Rp11 juta per rumah bagi rumah dalam kondisi rusak secara keseluruhan. "Dana tersebut hanya merupakan dana stimulan untuk rakyat," kata dia.

Menurut dia, Kemenpera juga memiliki program pembangunan rumah susun sewa sederhana (rusunawa) yang ditujukan untuk anggota TNI/Polri, perguruan tinggi negeri maupun swasta, pondok pesantren dan pekerja.

Ia mengatakan, salah satu rusunawa yang telah dibangun Kemenpera berada di Solo saat wali kota setempat, Joko Widodo, akan memindahkan pedagang kaki lima.

"Tahun ini pemerintah memrogramkan pembangunan sejumlah 172 rusunawa. Program-program tersebut, dalam tahun mendatang jumlahnya akan terus ditambah sebanyak dua kali lipat, mengingat rumah adalah salah satu kebutuhan rakyat yang sangat vital," katanya.