Pemerintah Alokasikan Rp 660 Miliar; Siap Bangun Pembangkit EBT

Pemerintah Alokasikan Rp 660 Miliar; Siap Bangun Pembangkit EBT

Jakarta, Kabarindo- Pada tahun 2014 ini, Pemerintah telah mengalokasikan dana melalui APBN sebesar 660 miliar untuk membangun sejumlah pembangkit bertenaga energi terbarukan.

Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Rida Mulyana mengatakan, dana sebesar Rp 150 miliar tersebut nantinya akan digunakan untuk membangun sebanyak 21 PLTMH.

Sementara itu, anggaran untuk pembangunan PLTS mencapai Rp 510 miliar. "Proyek-proyek ini diharapkan bisa melistriki 21.400 keluarga, khususnya di daerah perbatasan dan pulau terluar,' katanya.

Rida mengungkapkan, target pembangunan pembangkit tersebut cukup tinggi. Belum lagi medan pembangunan pembangkit yang cukup sulit dan terpencil. Untuk itu, pihaknya akan berkerja sama dengan instansi lain, seperti Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Selain itu, tambahnya, Kementerian ESDM juga menunggu usulan langsung dari bupati atau walikota untuk membangun pembangkit terbarukan sesuai dengan ketentuan Permen ESDM no.12/2012 tentang Pelaksanaan Kegiatan Fisik Pemanfaatan Energi Baru dan Terbarukan seperti dilansir dari laman energitoday.