Pembalap Sean Gelael; Berprestasi Di Spa

Pembalap Sean Gelael; Berprestasi Di Spa

Jakarta, Kabarindo- Pebalap Indonesia Sean Gelael, berada hanya terpaut dua posisi untuk dapat kembali memperoleh poin  dalam Kejuaraan Formula Renault 3.5 di Spa-Francorchamps.

Setelah berhasil meraih posisi ke delapan sekaligus poin pertamanya di sirkuit jalan raya Monte Carlo, Monaco, hasil terbaik Sean di sirkuit legendaris Spa Belgia kali ini adalah posisi ke dua belas.

Sean memulai akhir pekan kemarin dengan sangat baik, dimana dia, dengan menggunakan mobil Jagonya Ayam with Carlin, mampu menjadi pebalap tercepat ke empat saat melakoni sesi latihan bebas pertama, sebelum akhirnya berada di posisi dua belas saat sesi kedua.

“Awalnya semua sangat menjanjikan dan mobil terasa sangat baik, terutama dengan setingan low downforce,” kata Sean. “Tetapi saat sesi kualifikasi untuk balapan hari Minggu, set pertama ban saya sempat bermasalah. Hal itu sebenarnya tidak terlalu mengganggu, tetapi akibatnya jarak saya dengan pebalap tercepat cukup mengecewakan. Saya tidak berhasil memperoleh catatan waktu yang baik.”

Oleh karena itu Sean memulai balapan dari posisi lima belas. Sean kehilangan posisinya di lap pertama setelah dia terdorong keluar saat rombongan pebalap memasuki tikungan tusuk konde La Source, tetapi Sean kembali berada di posisi lima belas setelah dua pebalap di depannya mengalami masalah.

Sean kemudian  mempertahankan posisinya dan di akhir balapan, Sean sempat mendekati pebalap Meksiko, Alfonso Celis Jr yang berada di depannya, tetapi sayangnya Sean tidak mampu melewati pebalap tersebut untuk memperbaiki posisinya.

 “Saya mengambil jalur luar saat memasuki tikungan pertama tetapi tidak berhasil, jadi saya turun ke posisi 17,” kata Sean. “Kami terus berada di lintasan sampai akhirnya melakukan pit stop yang memang wajib dilakukan, baru kemudian saya mendekati Alfonso. Setingan tekanan downforce mobil saya lebih besar daripadanya, sehingga dia bisa melaju lebih cepat di trek lurus, walaupun sebenarnya saya dapat mendekatinya di bagian tengah lintasan, dimana terdapat banyak tikungan, tetapi tetap saja sulit sekali mendekatinya di tempat dimana kita bisa melakukan overtaking. Saya finish kurang dari satu detik di belakang Alfonso.”

Di balapan hari Sabtu, Sean finish di posisi lima belas setelah start dari posisi delapan belas, walaupun wing depan mobilnya sempat mengalami kerusakan saat bertarung melawan Roy Nissany. “Di hari Minggu semua berjalan lebih baik,” terang Sean,” tetapi balapan kali ini cukup mengecewakan karena saya sangat berharap untuk mendapatkan tambahan poin, terutama karena di saat latihan pertama hasilnya sangat baik.”

Rekan satu tim Sean di Tim Jagonya Ayam with Carlin, Tom Dillmann, mendapatkan hasil terbaiknya dengan finish di posisi ke enam saat race pertama.

Setelah ini, para pebalap akan berlaga di putaran berikutnya, yaitu d Hungaroring, yang terletak di dekat kota Budapest, Hongaria, pada tanggal 12-14 Juni, dimana Sean cukup percaya diri untuk mendapatkan hasil yang baik. “Saya sangat menantikan balapan berikutnya,” tambah Sean. “Tahun lalu di Formula 3 hasil kualifikasi saya tidak buruk dan saya mendapatkan poin ke dua saya di sana, jadi saya akan mencoba hal yang sama di Formula 3.5. Saya kira Carlin mempunyai mobil yang bagus untuk balapan di Hungaroring, jadi saya berharap saya bersama  tim mekanik  mampu mendapatkan setingan mobil dan juga akhir pekan yang baik.”