Peluncuran Strategi Negara Indonesia; Inisiasi Pemerintah Australia

Peluncuran Strategi Negara Indonesia; Inisiasi Pemerintah Australia

Jakarta, Kabarindo- Perdana Menteri Australia Kevin Rudd hari ini meluncurkan Strategi Negara Indonesia Australia di Abad Asia.
 
Perkenankan Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang memberikan sumbangsih pada pengembangan strategi ini.
 
Konsultasi diselenggarakan di seluruh Australia dan di Jakarta dari April hingga Mei dengan para pebisnis, akademisi, pemerintah daerah, organisasi-organisasi pemuda dan kemasyarakatan yang ambil bagian dalam forum-forum meja bundar dan pertemuan terbuka di masing-masing ibu kota Negara Bagian dan Teritori. Kami menerima lebih dari 250 usulan, lebih dari 100 terkait dengan Indonesia.
 
Unduh strategi ini dan lihat usulan-usulannya di http://www.dfat.gov.au/issues/asian-century/.
 
Utarakan komentar anda tentang strategi ini melalui Twitter dengan menggunakan hashtag #AsianCentury, dan tagging @DFAT
 
Strategi ini menjabarkan dalam garis besar bagaimana Australia dapat memanfaatkan dan mengembangkan keterampilan-keterampilan yang diperlukan untuk memperdalam dan memperkukuh kiprah kami dengan tetangga utara penting kami.
 
Indonesia, sebagai kekuatan kawasan yang sedang muncul dengan ekonomi yang tumbuh dengan pesat dan kelas konsumen yang lebih dari dua kali lipat penduduk Australia, menghadirkan peluang-peluang yang signifikan bagi Australia dan dunia usaha Australia.
 
Strategi ini mengidentifikasi sejumlah jalur khusus menuju 2025, termasuk pemutakhiran persepsi masyarakat Australia tentang Indonesia, mendorong kajian bahasa dan budaya Indonesia, peningkatan mobilitas warga dalam dua arah, pengembangan kesadaran di antara dunia usaha, serta penguatan kiprah antar-warga di dalam dan antar kedua pemerintah kita.
 
Seluruhnya, lima strategi negara akan diluncurkan, mencakup lima hubungan penting di Asia.  Keempat strategi lainnya yang mencakup Cina, India, Jepang dan Korea Selatan, akan diluncurkan dalam bulan-bulan mendatang.