Pelindo III; Gunakan SAP ERP

Pelindo III; Gunakan SAP ERP

Surabaya, Kabarindo- Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menggunakan SAP ERP Powered by SAP HANA bekerja sama dengan PT Konsulindo Informatika Perdana (Perdana Consulting).

Sejak implementasi ini dimulai pada pertengahan 2016, solusi ini mendukung Pelindo III untuk menghilangkan kompleksitas organisasi, dengan membangun sumber data tunggal yang terintegrasi, memfasilitasi komunikasi lintas departemen yang efektif serta meminimalisasi sistem dan beban kerja yang tidak perlu.

Pelindo III mengelola 43 pelabuhan di 17 cabang di 7 provinsi yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan.

Demi mempertahankan tata kelola perusahaan yang baik, Pelindo III bertujuan mempercepat integrasi logistik dengan memberikan layanan pelabuhan berkualitas untuk kliennya di Indonesia maupun di luar negeri.

Menyadari pesatnya pertumbuhan bisnis dan jangkauan pasar perusahaan, Pelindo III merasa semakin sulit mengatasi banyaknya sumber data tanpa bantuan teknologi yang terpercaya. Pada beberapa kesempatan, proses bisnis yang bervariasi dan sejumlah besar duplikasi data menyebabkan kericuhan di beragam departemen serta hilangnya rekam jejak pekerjaan.

Diperkuat oleh SAP HANA, solusi SAP ERP mendukung Pelindo III untuk mengintegrasikan dan menjalankan bisnis secara real-time; memastikan perencanaan dan pengambilan keputusan yang efektif. Kegiatan operasional dan beban kerja disederhanakan serta proses bisnis diintegrasikan di seluruh divisi perusahaan termasuk keuangan, akuntansi, pengadaan barang, pemeliharaan, manajemen proyek dan SDM. SAP HANA adalah manajemen data dan platform aplikasi tingkat tinggi di dalam memori yang menggabungkan pengolahan transaksional dan analisis ke dalam satu sistem tunggal.

“Teknologi yang kuat amat penting untuk membantu kami tetap unggul dalam persaingan. Sementara operasi bisnis terus berkembang, volume data baru terus dihasilkan. Kami menyadari perusahaan memerlukan perangkat lunak yang cerdas untuk memungkinkan manajemen lebih efektif bagi pelaporan, proses dan komunikasi di seluruh area perusahaan dan hubungan eksternal dengan pelanggan,” kata Abdul Rofid Fanany, Project Manager Implementasi ERP Pelindo III, dalam rilis yang diterima akhir pekan.

 “Saya percaya keahlian dan pengalaman SAP dalam membantu pelanggan di seluruh dunia akan membantu Pelindo III dalam mengintegrasikan komunikasi lintas departemen dan menikmati manfaat dari data real-time. Hal ini akan memungkinkan berjalannya proses organisasi dan pengambilan keputusan yang lebih efektif di dalam maupun di luar perusahaan,” kata Megawaty Khie, Vice President dan Managing Director SAP Indonesia.

Heydarul Humam, Project Director Perdana Consulting SAP ERP, mengatakan dengan pengalaman di berbagai proyek implementasi untuk perusahaan Indonesia dari semua ukuran dan bidang usaha, Perdana Consulting menjadi mitra yang membantu Pelindo III memulai langkah menuju masa depan digital dengan memanfaatkan solusi dari SAP. SAP melisensi perangkat lunak, sedangkan Perdana Consulting mengimplementasi solusinya.

“Dengan SAP ERP Powered by SAP HANA, SAP menyediakan sistem terintegrasi yang menawarkan aliran dan pengiriman data yang terpercaya secara real-time serta mendukung akurasi dan kecepatan transmisi data yang lebih tinggi,” ujarnya.

Sejak menerapkan SAP ERP Powered by SAP HANA, Pelindo III melihat peningkatan hampir semua fungsi bisnis intinya termasuk keuangan, akuntansi, SDM, engineering, teknologi informasi dan komunikasi, manajemen proyek dan pengadaan barang. Manfaat ini akan membantu perusahaan menjamin ketahanan dan pertumbuhan bisnis yang lebih tinggi dengan tetap menjaga proses operasional yang lebih efektif dan efisien dari waktu ke waktu.