Pelatih Wanita RI Raih Akreditasi Internasional; Awesome......!

Pelatih Wanita RI Raih Akreditasi Internasional; Awesome......!

Jakarta, Kabarindo- Pada lokakarya olahraga terakhir yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Australia.

Beberapa pelatih wanita Indonesia memperoleh akreditasi kepelatihan yang diakui secara internasional melalui pelatihan yang diselenggarakan oleh Australian Strength and Conditioning Association atau Asosiasi Kekuatan dan Pengkondisian Australia (ASCA).

Ketua Komisi Wanita dan Olahraga, Pusparani Hakim, adalah pendukung kuat peningkatan partisipasi wanita dalam olahraga, dan mengajarkan mereka keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan untuk memastikan mereka dapat menjadi kontributor yang efektif pada lanskap olahraga Indonesia.

“Biasanya di Indonesia pelatihan fisik atlet didominasi oleh pria, namun melalui kursus ini kami ingin memberi keterampilan dan latar belakang pendidikan kepada pelatih-pelatih wanita sehingga mereka dapat memimpin pelatihan fisik atlet-atlet mereka,” ujar Hakim.

“Kami telah menyelenggarakan 6 kursus ASCA Tingkat 1 selama beberapa tahun terakhir di Indonesia untuk lebih dari 100 pelatih Indonesia, namun kursus-kursus tersebut didominasi oleh pelatih-pelatih pria dan jumlah peserta wanita yang menyelesaikan kursus kurang dari 10.”

“Kursus kekuatan dan pengkondisian yang dirancang secara khusus untuk wanita sangat dibutuhkan dan akan melipat-gandakan jumlah pelatih wanita dengan adanya akreditasi ini di Indonesia,” Hakim menambahkan.

Kuasa Usaha Kedutaan Besar Australia, Dr David Engel, berujar peningkatan jumlah pelatih wanita yang terakreditasi merupakan langkah ke arah yang tepat untuk olahraga Indonesia.

“Meningkatkan jumlah pelatih olahraga Indonesia yang berbakat dengan akreditasi internasional dalam jangka panjang akan memastikan bintang olahraga Indonesia terus mempertahankan daya saingnya dengan atlet-atlet terbaik dunia. Dengan memberi kesempatan kepada pelatih-pelatih wanita Indonesia untuk memperoleh akreditasi internasional, kita akan menyaksikan lebih banyak lagi wanita menjadi terlibat dalam olahraga tingkat tinggi,” tutur Dr Engel.

Asosiasi Kekuatan dan Pengkondisian Australia adalah suatu badan pengembangan profesional untuk pelatih-pelatih kekuatan dan pengkondisian di Australia yang beranggotakan lebih dari 2000 pelatih kekuatan dan pengkondisian terakreditasi yang terlibat dalam pelatihan atlet/tim di segala tingkat partisipasi dari klub hingga Olimpiade dan tingkat olahraga profesional.

ASCA diakui secara internasional sebagai pemimpin industri melalui afiliasi-afiliasi internasional di AS, Asia, Selandia Baru dan di seluruh dunia. ASCA adalah badan pendidikan profesional untuk pelatih-pelatih Kekuatan dan Pengkondisian di Australia.