Pedagang Kulit Bedug; Menuai Rezeki

Pedagang Kulit Bedug; Menuai  Rezeki

Bogor, Kabarindo- Jelang hari Raya Idul Fitri 1435 H/2014.

Pedagang kulit bedug di Kota Bogor, Jawa Barat panen rezeki dengan banyaknya pembeli yang datang dari berbagai daerah.

Erman Sulaeman (45) salah satu pedagang kulit bedug yang berjualan di Jalan Pemuda, Kecamatan Tanah Sareal, Minggu (27/7), tersenyum sumringah ketika satu lembar kulit bedug kembali laku terjual.

"Ya, alhamdulillah, rezeki Ramadan, sudah laku enam lembar untuk hari ini," kata Eman.

Eman mengatakan, ia telah menggelar dagangan kulit bedug sejak seminggu Ramadan. Sebanyak 500 kulit bedug ia siapkan untuk dijual tahun ini.

Sejak awal berjualan sampai kini, sekitar 100 lembar kulit bedug yang ia jajakan telah laku terjual selama Ramadan. Pembelian terbanyak terjadi jelang Lebaran.

Harga jual kulit bedug pun bervariatif mulai dari harga terendah Rp 120.000 untuk ukuran kecil hingga Rp 200.000 untuk ukuran besar. Dari satu kulit bedug ia bisa mengambil keuntungan sebesar Rp 30.000 sampai Rp 50.000 per lembar kulit.

"Tetapi kalau sudah jelang Lebaran ini saya jual murah Rp 140.000, biar cepat laku," katanya.

Menurut Erman, pembeli kulit bedug berasal dari berbagai kalangan, ada yang untuk perusahaan, masjid maupun warga dari kampung yang ada di Kabupaten Bogor.

Mereka membeli kulit bedug untuk keperluan di masjid maupun di kampung mereka dijadikan bedug yang akan ditabuh saat malam takbiran.

Erman hanya menjual kulit bedugnya saja, yang ia gantung begitu saja di pinggir jalan, tanpa lapak ataupun atap pelindung panas dan hujan.

Selain di Jalan Pemuda, Erman juga memiliki cabang di Jalan Padjajaran depan Bale Binarum yang dijual oleh saudaranya. Menjual kulit bedug ini telah ia lakoni sejak tahun 1990, sedangkan profesi utamanya adalah sebagai pengrajin kayu.

Untuk menyiapkan kulit bedug selama Lebaran Idul Fitri tahun ini, Erman telah mempersiapkannya jauh-jauh hari sebelum Ramadan. Kulit-kulit kambing tersebut ia ambil dari rumah potong hewan langganannya yang ada di Kota maupun Kabupaten Bogor.

Selain menyiapkan untuk lebaran Idul Fitri, Erman juga sudah menyiapkan sejumlah kulit bedug untuk lebaran Idul Adha. Ia optimistis sehari jelang Lebaran penjualan kulit bedug lebih ramai dari biasanya seperti dilansir dari laman beritasatu.