Paviliun Indonesia Di Iran; Raih Penghargaan Sambut 1 Muharram 1435 H

Paviliun Indonesia Di Iran; Raih Penghargaan Sambut 1 Muharram 1435 H

Jakarta, Kabarindo- Pemerintah Indonesia berhasil membawa pulang penghargaan 'the 3rd Prize Award' bagi Paviliun Indonesia pada pameran dagang negara-negara anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI) yang ke-14 di Tehran, Iran.

Pada pameran yang diselenggarakan tanggal 28 Oktober-1 November 2013 tersebut, Indonesia berhasil meraih posisi sebagai paviliun dengan desain dan manajemen terbaik ketiga setelah Iran dan Kuwait.

Menurut Pradnyawati, Direktur Pengembangan Promosi dan Citra Kemendag, Paviliun Indonesia berhasil memenangkan penghargaan karena menampilkan berbagai macam produk-produk industri strategis dan jasa unggulan dalam bentuk produk fisik dan poster display yang menarik "Di paviliun yang bertema 'Trade with Remarkable Indonesia' ini, Indonesia menampilkan aneka
ragam produk dari 13 perusahaan skala besar dan UKM (Usaha Kecil Menengah)," kata Pradnyawati.

Ketiga belas perusaha tersebut adalah PT. Tan Putra Tama (bubuk kakao); PT. Selatan Jadi Jaya (bagian otomotif-baterai); PT. Tjiwi Kimia Paper Products (produk kertas); PT. Mayora Indah (produk makanan dan kopi instan); Indo Nusa Enterprise (perhiasan); Timur Mas Abadi (bahan bangunan-atap); Indokom Citra Persada (kopi dan seafoods); Ariega Hospitality (produk interior dan furnitur); OT Group (produk makanan dan minuman, barang-barang konsumen); CV. Betrien Shoes (sepatu); Dua Kelinci (kacang); PT. Mapat (kain Batik Besurek); CV. Ende (makanan kering siap makan).

"Untuk produk yang ditampilkan dalam poster antara lain produk pesawat buatan PT. Dirgantara Indonesia, kapal produksi PT. Dok Perkapalan Kodja Bahari, kereta api produksi PT. INKA, panel surya PT. LEN Industri, pelumas Pertamina Lubricants, low cost green car dari Toyota Astra, ban mobil produksi PT. Gajah Tunggal, serta jasa konstruksi dari PT. Wijaya Karya," urai Pradnyawati.

Penghargaan kepada Paviliun Indonesia tersebut diserahkan oleh Direktur Jenderal Islamic Center for Development of Trade OKI, Dr. El Hassane Hzaine, kepada Pradnyawati sebagai perwakilan dari pemerintah Indonesia. Penyerahan penghargaan ini juga disaksikan oleh Kepala Kanselerai Kedutaan Besar Tehran, Fauzi Bustami.

Sebagai bentuk promosi perdagangan, investasi dan pariwisata yang menyeluruh, Paviliun Indonesia juga menampilkan film atau video dari stakeholders Indonesia, antara lain iklan nation branding Indonesia, video profil industri, dan video promosi mengenai investasi, pariwisata, serta potensi kekayaan kelautan dan perikanan.

“Paviliun Indonesia ini diharapkan dapat menunjukkan kekayaan sumber daya alam dan keterampilan sumber daya manusia Indonesia dalam menghasilkan produk-produk kreatif kepada negara-negara Islam. Selain itu, upaya promosi ini juga diharapkan dapat meningkatkan perdagangan Indonesia dengan negara-negara non-tradisional," jelas Pradnyawati.