Pasar Asyiiik Surabaya; Pertemukan Berbagai Komunitas di Jatim

Pasar Asyiiik Surabaya; Pertemukan Berbagai Komunitas di Jatim

Surabaya, Kabarindo- Sampoerna Kretek menggelar Pasar Asyiiik Surabaya di halaman sebuah resto di Jl. Mayjen Sungkono pada Sabtu (21/3/2015) malam.

Acara ini diikuti sejumlah komunitas di Jawa Timur muiai dari Komunitas Bhagaskara Bronze Trowulan, Komunitas Patung Batu Trowulan, Komunitas Batik Majapahit, Komunitas Kerang Kenjeran, Komunitas Seni Kerajinan Bambu Kediri, perajin aksesoris dan kerajinan tangan, Komunitas Patrol Putro Nanggal Surabaya, Himpunan Paguyuban Ponorogo dan Jaranan Surabaya serta Komunitas Tari Spectra Surabaya.

Pada kesempatan tersebut, Komunitas Patrol menampilkan musik patrol, Himpunan Paguyuban Ponorogo dan Jaranan Surabaya menampilkan tari Reog, sedangkan Komunitas Tari Spectra menampilkan tari Remo.

Menurut Ria Sutrisno, Brand Manager Sampoerna Kretek, Pasar Asyiik merupakan pasar malam mini yang melibatkan sejumlah komuntias di Jawa Timur.

“Masyarakat Indonesia dikenal dengan karakternya yang guyub atau komunal. Kebersamaan merupakan hal umum yang ditemukan daiam kehidupan sehari-hari. Sebagai bentuk kebersamaan yang lebih berkualitas, kami adakan Pasar Asyiiik,” ujarnya.

Tujuan diselenggarakannya Pasar Asyiiik ini adalah sebagai wadah bagi komunitas-komunitas lokal untuk menampilkan dan memperjualbelikan hasil karya mereka serta mendapatkan pengetahuan dan informasi tambahan untuk mengembangkan potensi komunitas mereka.

Seno Pramuadji, seorang penggiat komunitas, mengatakan Pasar Asyiiik menjadi sarana untuk mempererat pertemanan diantara komunitas dan membuka kesempatan untuk terjalinnya pertemanan baru. Mereka tak sekedar tampil atau berjualan, mendapat uang lalu pulang. Dengan Pasar Asyiiik, diharapkan nilai-nilai pertemanan antar komunitas dapat terus berlanjut.

“Saya juga berbagi pengalaman, khususnya seputar dunia digital, agar teman-teman komunitas dapat lebih berkembang di kemudian hari," ujarnya.

Supriadi, perwakilan Komunitas Bhagaskara Bronze Trowulan, Mojokerto, mengatakan Pasar Asyiiik dapat memberdayakan usahanya. Ia dan teman-temannya sudah memiliki website untuk mempromosikan produk mereka yaitu kerajinan tembaga dan kuningan.

Selain di Surabaya, Pasar Asyiiik juga akan digelar di Sukabumi dan Purwokerto. Pasar Asyiiik menjadi pembuka dari rangkaian kegiatan Gebyar Asyiiik yang akan diadakan di Mojokerto, Kediri, Sukabumi dan Purwokerto pada April mendatang.