Pariwisata ToUna SulTeng; Punya Deklarasi Lawaka 2016

Pariwisata ToUna SulTeng; Punya Deklarasi Lawaka 2016

TouNa, Sulawesi Tengah, Kabarindo- Bisa disingkat TouNa.

Saat sebut Tojo Una-Una yang saat ini dipimpin oleh sosok bupati yang humble, Mohammad Lahay tak lepas dari pesona 400-an pulaunya termasuk Togean Island yang sudah mendunia.

"Togean itu tidak dari tahun 90-an saat disambangi oleh wisatawan mancanegara tapi sejak tahun 1975 sudah ramai dari wisatawan mancanegara dari Eropa seperti Denmark, Inggris, Kanada, Belanda, Jerman termasuk Republik Cheknya dan lainnya. Pulau Togean sudah punya Titik Sauh atau (lokasi buang jangkar) untuk kapal pesiar yang paling besar pun sudah sering mampir termasuk Yacht berukuran sedang sehingga potensi terumbu karang, pesona keindahan under water dengan potensi flora fauna dari banyak pulau dari Tanjung Api sampai ke TeteB pun ikut mengantar Togean dari mulut ke mulut (Word of Mouth) sehingga mulai Desember ini sampai Januari dan Februari memang peak season oleh para wisman tersebut," jelas Jafar Wakil Ketua DPRD Touna yang didampingi oleh Ketua DPRD Touna, Gusnar A Sulaeman.

Mereka hadir bersama 30-an para pelaku usaha wisata dari Touna seperti pemilik resort, hotel, pemandu wisata dan KOPI Sulteng bersama dengan Suku Dinas Touna dan tentu saja yang menginisiasi semua Suku Dinas Pariwisata & Kreatif Sulawesi Tengah dengan Bimbingan Teknis bertajuk Promosi dengan Platform Digital Marketing selama 4 hari dengan kunjungan ke pulau-pulau beberapa waktu lalu.

"Bimtes ini bermuara pada disepakatinya Deklarasi Lawaka untuk mendirinkan Asosiasi Pariwisata Touna - Tojo Una Una yang memiliki visi Menjadikan Destinasi Wisata Togean Lebih Mendunia (Making Togean Tourism Destination WorldWide) dengan Misi dengan tiga point, pertama adalah Optimalisasi #SultengSapaDunia sebagai bentuk pemasaran dan publikasi pariwisata Togean melalui Digitalisasi Platfor Marketing 4.0, kedua adalah sinergitas unsur-unsur yang berkepentingan guna sesegera mungkin mempersiapkan diri untuk kemajuan pariwisata Togean dan terakhir adalah secara bersama-sama dan penuh semangat mendukung destinasi unggulan Togean sesuai dengan karakteristik masing-masing," jelas Nisfha mewakili Suku Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif Sulawesi Tengah

Deklarasi ditandatangani oleh para pemilik dari Lawaka Hotel, Zerra Beach, Koditari Lestari, Malenge Indah, Sifa Cottage, Togean Journey, . PT. Sulawesi Eco Resort, Marina Cottage, Pondok Lestari, Touna Diving Club, Fadhila Cottage dan masih banyak lagi lainnya bersama dengan Ketua dan wakil ketua DPRD Touna bersama dengan suku dinas pariwisata & ekraf Touna dan Sulawesi Tengah, para pemandu wisata, Puteri Pariwisata 2016 asal Palu, Duta Wisata SulTeng dan KOPI Sulteng yang terdir dari para bloggers dan jurnalis online dari portal kabar baik www. KABARINDO.COM.

"Saya menyambut baik Deklarasi Lawaka ini sebagai cikal bakal terbentuknya Asosiasi Pariwisata Tojo Una Una yang akan mendampingi Badan Promosi Wisata yang memang akan berdiri dalam waktu dekat. Saya senang sekali proses yang demokratis dan sinergi dari para pelaku industri wisata tadi dan ikut sebagai saksi terpilih Andi Ambo atau Zainuddin pemilik dari Lawaka Resort dan Hotel ini sebagai Ketua Asosiasinya, selamat," papar Ketua DPRD Touna, Gusnar A Sulaeman.

Ikut bangga dan tentunya senang sekali inisiasi cerdas ini dari para stakeholder pariwisata daerah yang memang meminta agar Bandara Mutiara Sis Al Jufri Palu dapat dikembangkan menjadi Bandara Internasional sehingga Ampana makin ramai dengan bandaranya yang baru, Bandara Tanjung Api dari wisman dari Singapura, Philipina, atau Malaysia sebagai tetangga terdekat dari Sulawesi Tengah.

Redaksi bersua dengan banyak turis, mulai dari pasangan wisman yang sudah memasuki usia senja tapi masih kuat yang menginap di Hotel Lawaka Touna, Peter dan isterinya dari Cheknya Republic yang datang lagi setelah 20 tahun yang lalu berwisata di Touna, atau sepasang muda mudi dari Denmark, wisman dari Jerman, Italia, Belanda dan negara belahan Eropa lainnya.
 

Go TogeaN 2017.....................!