Parade Budaya Batak; Awali Festival Danau Toba

Parade Budaya Batak; Awali Festival Danau Toba

Samosir, Kabarindo- Parade budaya Batak secara resmi mengawali dibukanya Festival Danau Toba 2013 oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa di panggung terbuka, Samosir, Minggu.

Tarian Tortor Sawan massal yang diikuti oleh ratusan remaja putri menjadi pembuka festival.

Pembukaan Festival Danau Toba 2013 juga dimeriahkan artis nasional dan artis-artis terkenal dari Tanah Batak.

Ketua Umum Festival Danau Toba 2013, Mangindar Simbolon mengatakan tema festival yang menggabungkan budaya dengan olahrag raga ini adalah "Arga Do Bona Ni Pinasa" atau menghargai tanah leluhur.

"Festival Danau Toba merupakan lanjutan dari Pesta Danau Toba yang selama ini digelar. Namun, untuk tahun ini dibuat lebih besar karena melibatkan banyak pihak," katanya di sela pembukaan festival seperti dilansir dari laman antaranews.

Dengan adanya peningkatan kegiatan, kata dia, diharapkan Festival Danau Toba bisa menjadi kegiatan utama di Sumatra Utara maupun Indonesia sehingga mampu bersaing dengan kegiatan lainnya bahkan bisa lebih dikenal di seluruh dunia.

Setelah parade budaya selesai, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa secara resmi membuka Festival Danau Toba yang akan berlangsung hingga 15 September nanti. Pembukaan festival ditandai dengan menabuh gendang khas Tanah Batak.

Sebelum pembukaan Festival Danau Toba dilakukan ada beberapa prosesi yang dilakukan diantaranya menyebar daun sirih ditengah-tengah Danau Toba. Setelah itu dilanjutkan upacara penyambutan oleh para tetua Tanah Batak.