Panglima TNI; Pastikan Bantu BNPB

Panglima TNI; Pastikan Bantu BNPB

Lanud Halim, Jakarta, Kabarindo- Prajurit TNI siap melaksanakan tugas mulia negara yang diemban.

Pagi tadi Panglima TNI, Gatot Nurmantio melepas keberangkatan satuan tugas personil gabungan TNI, AD, AL, AU untuk melakukan bantuan yang diperintahkan oleh pemerintah dalam pemadaman lahan yang terbakar, baik kebakaran dengan sengaja maupun tidak sengaja oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Sebanyak 1150 personil gabungan TNI yang terdiri dari 3 satuan batalyon diantaranya; 350 personil Kostrad, 350 personil Marinir, 250 personil Paskhas, 100 personil Armed, akan melaksanakan tugas mulia negara, "Mereka semua hari ini akan diberangkatkan, TNI Angkatan Udara menyiapkan 4 pesawat hercules, namun yang akan diberangkatkan hanya 3, 1 pesawat lagi disiapkan untuk cadangan. Dan mereka semua siap melaksanakan tugas hingga selesai", jelas Panglima TNI saat menyampaikan pernyataan persnya di hadapan awak media, usai gelar upacara kesiapan keberangkatan satuan tugas gabungan prajurit TNI di Lapangan Udara Angkatan Udara TNI AU,  Halim, Jakarta.

Menurut info dari Pusat Penerangan TNI disampaikan pula bahwa sebelumnya sudah ada 2150 personil TNI dibawah komando ke wilayahan dari Kodam Sriwijaya, yang sudah bekerja sejak api muncul di wilayah sekitar terjadinya kebakaran lahan, baik di wilayah Jambi maupun Sumatera Selatan.
Mereka dibekali dengan sepatu work, masker dan mesin pompa air dengan masing-masing pipa sepanjang 60 meter, ujar Panglima TNI lanjut. 

Lanjut dijelaskan akan dukungan dari masyarakat agar apa yang dilakukan oleh TNI cepat selesai, karena kondisi disana telah mengganggu ekosistem serta masyarakat disana, tutur Gatot.

Keberangkatan Satgas TNI Penanggulangan Bencana ini, dipimpin oleh Dansatgas Letkol. Marinir Totok Nur Cahyanto. Semua Tim Satgas TNI yang diantaranya Tim 1 batalyon 330 Linud kostrad, 1 batalyon Armed 10 kostrad dan 1 batalyon Marinir, 2 kompi paskhas, yang akan disebar ke wilayah Sumatera Selatan.

Nama tugas operasi penanggulangan bencana kebakaran ini, disebut Satgas Operasi Perbantuan BNPB.

Panglima TNI mengingatkan kepada publik, bahwa tugas ini tidak mungkin diselesaikan oleh TNI sendiri, tetapi tentu diharapkan bersama-sama dengan dukungan masyarakat dan lembaga-lembaga lainnya, ucapnya, agar kondisi dan situasi di wilayah cepat selesai dan aktivitas masyarakat normal kembali.