Panasonic; Siapkan Power Supply Container Di SDN Karimunjawa

Panasonic; Siapkan Power Supply Container Di SDN Karimunjawa

Surabaya, Kabarindo- Panasonic Corporation telah memasang Power Supply Container sebagai penghasil listrik tenaga surya (photovoltaic) mandiri yang dikembangkan untuk Sekolah Dasar Negeri Karimunjawa 01 di Pulau Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.
 
Rachmat Gobel mengatakan dalam rilis yang diterima pada Senin (4/8/2014), pihaknya memanfaatkan Power Supply Container untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi semua anak yang tinggal di Karimunjawa.
 
Power Supply Container merupakan peralatan listrik tenaga surya (photovoltaic) mandiri yang dilengkapi panel surya dan baterai penyimpanan.
 
Karimunjawa merupakan salah satu daerah yang menyediakan listrik hanya pada malam hari dengan generator disel. Namun tidak ada listrik pada siang hari karena generator dimatikan. Hal ini berdampak terhadap kelangsungan kegiatan administrasi dan niaga serta perbaikan lingkungan pendidikan yang menjadi prioritas utama.
 
Untuk mengatasi masalah ini, Koperasi Pundih Artah yang menerima Bantuan Hibah untuk Keamanan Masyarakat Setempat (Grant Assistance for Grassroots Human Security), IBEKA, dan Panasonic telah meluncurkan sebuah proyek guna memperbaiki lingkungan pendidikan, dengan memanfaatkan Power Supply Container bekerja sama dengan Kabupaten Jepara dan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia.
 
Power Supply Container akan menunjang peningkatan kualitas pendidikan selama jam sekolah sehingga anak-anak dapat menggunakan peralatan penerangan, kipas angin dan materi pendidikan audiovisual yang menggunakan komputer dan televisi.
 
Saat tidak ada kegiatan belajar-mengajar, listrik didistribusikan ke kawasan di sekitarnya melalui asosiasi manajemen guna memberikan kontribusi maksimal terhadap aktivitas masyarakat serta memperbaiki infrastruktur listrik daerah tersebut.
 
Panasonic menyediakan Power Supply Container dan memberikan bantuan teknis kepada IBEKA mengenai proyek ini. IBEKA mendirikan asosiasi manajemen yang mandiri di Karimunjawa untuk memasok listrik, juga menyediakan pelatihan dan dukungan bagi kegiatan mereka serta proses manajemen dan pemeliharaan untuk mencapai pasokan listrik yang berkelanjutan di Karimunjawa.
 
Panasonic akan berusaha memperluas pasokan listrik yang stabil ke daerah tanpa listrik dan memberi dukungan sumber daya listrik bagi daerah-daerah yang sering mengalami pemadaman listrik, serta memberikan dukungan sosial yang lebih baik, termasuk sumber daya listrik darurat jika terjadi bencana. Juga akan menyediakan gaya hidup yang lebih baik dan nyaman di Indonesia serta di negara-negara berkembang lain yang memiliki masalah infrastruktur listrik.