Pakar UI-ITB; Rancang Sound System Istana Negara

Pakar UI-ITB; Rancang Sound System Istana Negara

Jakarta, Kabarindo– Panitia perayaan HUT RI ke-70 Istana Negara mempercayakan sound system atau sistem tata suara pada  anak bangsa, mereka adalah teknisi dari UI dan ITB.

Ahli teknik audio dari UI dan ITB yang dipercaya dalam mendukung peringatan ini adalah Harry Kiss, seorang praktisi audio dan perancang produk-produk audio karya anak bangsa V8sound.com.

Sosok lainnya yaitu, Doktor Joko Sarwono, yang merupakan dosen Fisika Teknik, ahli audio dan akustik dari ITB. Joko mengungkap, dalam hal teknis, semua harus bisa diperhitungkan, dirancang sehingga menghasilkan kualitas audio sempurna di setiap titik di lingkungan istana.

"Sound system yang digunakan mestinya menghasilkan suara yang sempurna, tidak hanya didengarkan tapi bisa untuk menyimak, sesuai tempat dan fungsi kegiatannya," ujarnya, Senin (17/8).

Dalam kegiatan sakral di Istana Negara kemarin (17/8 pihaknya sudah menyiapkan tata suara semaksimal mungkin. Hal ini mengingat seluruh telinga rakyat di Istana mendengarkan hasil karyanya.

"Di acara detik-detik proklamasi, kami menggunakan bi directional audio sistem yang bisa diketahui dari mana sumber suaranya, misalnya suara datang dari mimbar kehormatan Presiden, maka arah loudspeaker yang berbunyi datang dari arah yang sama, sebaliknya apabila suara datang dari panggung orkes dan aubade, maka speaker yang berbunyi juga dari arah orkes" ujarnya.

Harry Kiss mengatakan, peringatan detik-detik Prokalamasi menggunakan microphone baru yang dirancang untuk acara kepresidenan, seperti mic podium RI 1 gold series untuk presiden, ketua DPR, serta pembacaan doa oleh menteri agama.

"Desain speaker-speaker baru seperti Seri Kepresidenan, untuk menyambut HUT ke-70 RI pun dihadirkan di Istana Merdeka, seperti seri Soekarno yang lantang dan keras namun tetap jernih sebagai speaker utama di lapangan Istana," katanya seperti dilansir dari laman beritasatu.