PT KAI Tambah Jadwal Perjalanan; Untuk KA Malioboro Ekspres

PT KAI Tambah Jadwal Perjalanan; Untuk KA Malioboro Ekspres

Surabaya, Kabarindo- Bagi para pengguna jasa kereta api dari Malang tujuan Solo, Yogyakarta dan sebaliknya, kini alternatif waktu keberangkatan untuk menuju kota-kota tersebut bertambah.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan jadwal baru perjalanan KA Malioboro Ekspres mulai 23 Januari lalu. Dengan dioperasikannya jadwal baru ini, frekuensi perjalanan KA Malioboro Ekspres bertambah dari satu kali menjadi dua kali sehari pergi pulang (PP).

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Sumarsono, mengatakan penambahan jadwal tersebut bisa dimanfaatkan masyarakat yang hendak bepergian dari Malang ke Yogyakarta pada malam hari dan penumpang dari Yogyakarta yang ingin ke Malang pada pagi hari. Sebelumnya, kereta api dari Malang tujuan Yogyakarta hanya tersedia pada pagi hari.

Dari Malang pada pagi hari, kereta berangkat pukul 08.00 berhenti di stasiun Solo Balapan pukul 14.13 dan tiba di Yogyakarta pukul 15.06. Kemudian pada malam hari, kereta berangkat pukul 20.00, berhenti di Solo Balapan pukul 03.00 dan tiba di Yogyakarta pukul 03.57. Sedangkan dari Yogyakarta pada pagi hari, kereta berangkat pukul 08.05, berhenti di Solo Balapan pukul 08.58 dan tiba di Malang pukul 16.20. Kemudian pada malam hari, kereta berangkat pukul 20.15, berhenti di Solo Balapan pukul 21.11 dan tiba di Malang pukul 03.50.

KA Malioboro Ekspres memiliki rangkaian 3 kereta kelas eksekutif  + 4 kereta kelas ekonomi AC + 1 kereta pembangkit dengan kapasitas tempat duduk sebanyak 470 seat, yang terdiri dari 150 seat kelas eksekutif dan 320 seat kelas ekonomi. Berlaku tarif komersial dengan menerapkan sistem tarif batas atas dan tarif batas bawah. Namun selama satu bulan sejak peluncurannya, PT KAI memberikan harga promo sebesar Rp. 200.000 untuk KA kelas eksekutif dan Rp. 125.000 untuk kelas ekonomi untuk keberangkatan pada 23 Januari-22 Februari 2015.

Masyarakat yang hendak menggunakan KA Malioboro Ekspres dapat memesan/membeli tiket di semua channel resmi 90 hari sebelum keberangkatan (H-90). PT KAI tetap menerapkan aturan kapasitas 100% penumpang, sehingga setiap penumpang akan mendapatkan tempat duduk. Juga berlaku larangan merokok dan bebas pedagang asongan agar penumpang merasa nyaman.