PT KAI Serius Tangani Restorasi; Bekas Stasiun Semut

PT KAI Serius Tangani Restorasi; Bekas Stasiun Semut

Surabaya, Kabarindo- PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyatakan serius akan menangani restorasi bekas Stasiun Surabaya Kota atau biasa disebut Stasiun Semut.


Instansi ini siap mengambil alih proses pembangunan kembali bangunan yang merupakan cagar budaya tersebut.

Hal ini dilakukan karena PT Senopati Perkasa, perusahaan yang telah menjalin kerja sama operasi (KSO) dengan PT KAI untuk merestorasi bangunan tersebut, tak kunjung melaksanakan tugasnya.

“Kami siap mengambil alih pembangunan kembali eks Stasiun Semut karena ini merupakan tanggung jawab kami,” ujar Ketua Tim KSO, Wahyudi Pranata, dalam pertemuan dengan media di kantor Daerah Operasi 8 Surabaya, Jumat (1/6).

Ia menegaskan keseriusan PT KAI untuk segera mengambil alih proyek tersebut, termasuk dalam hal pembiayaan yang mencapai Rp 12 miliar. Tentunya dengan kewenangan dari pemkot Surabaya untuk memberikan akses masuk.

Seperti diketahui, PT Senopati sempat membongkar Stasiun Semut pada 2003, namun hingga kini belum memulai pengerjaan fisiknya.

Menurut Ella Ubaidi, VP Pelestarian dan Benda Bersejarah PT KAI, KSO restorasi berakhir 27 Mei lalu, namun PT Senopati belum menyerahkan tim engineering. Rencananya, PT KAI akan memberikan tenggat waktu hingga seminggu ke depan.

"Kami telah mengundang PT Senopati untuk membicarakan restorasi ini, tapi mereka tak hadir. Kami akan memberikan waktu seminggu lagi. Kalau pekan depan belum ada respon, kami akan mengambilalih proyek ini," tegas Ella.

Wahyudi menambahkan, bisa saja nanti ditunjuk perusahaan lain untuk melaksanakan restorasi tersebut dengan cara melelang proyek.

Ia optimistis pembangunan kembali bekas Stasiun Semut sebagai cagar budaya bisa segera dilaksanakan.