PT KAI; Punya Tarif Ekonomi Baru

PT KAI; Punya Tarif  Ekonomi Baru

Surabaya, Kabarindo- Tarif tiket kereta api (KA) ekonomi mengalami penyesuaian mulai 1 April 2014.

Penyesuaian tarif ini berlaku setelah kontrak PSO (Public Service Obligation) antara pemerintah dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) tahun anggaran 2014 ditandatangani di Jakarta.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Sri Winarto, mengatakan tarif KA PSO (subsidi) berlaku untuk keberangkatan tanggal 1 April untuk KA jarak jauh, sedangkan KA lokal mulai 1 Januari lalu dan berlaku single tarif (tarif mengacu tarif terjauh) untuk semua KA subsidi.

Bagi masyarakat yang sudah memesan tiket KA ekonomi jarak jauh untuk keberangkatan 1 April dan dikenai tarif non subsidi, selisih bea tarif akan dikembalikan sesudah penumpang melakukan perjalanan, atau uang selisih diberikan di stasiun tujuan dan tiket telah mendapat verifikasi (dicap stempel basah tarif baru) oleh petugas boarding di stasiun keberangkatan.

Winarto menjelaskan, PSO adalah subsidi yang diberikan pemerintah kepada masyarakat atas selisih tarif KA yang ditetapkan oleh PT KAI dan tarif yang ditentukan oleh pemerintah. Subsidi diberikan dengan harapan agar masyarakat, khususnya kelas menengah ke bawah, mendapatkan layanan transportasi KA yang nyaman dengan tarif terjangkau.
 
Dengan ditandatanganinya kontrak penyelenggaraan kewajiban pelayanan publik (PSO) bidang angkutan KA pelayanan kelas ekonomi tahun anggaran 2014, PT KAI berkewajiban menyelenggarakan pelayanan publik. Pada 2014 ini, subsidi penumpang KA kelas ekonomi sebesar Rp. 1,224 triliun, naik dari tahun sebelumnya sebesar Rp. 682 miliar.