PS UMM; Sabet 2 Emas Di Italia

PS UMM; Sabet 2 Emas Di Italia

Jakarta, Kabarindo- Paduan Suara Universitas Muhammadiyah Malang (PS UMM), Jawa Timur, berhasil menggondol medali emas untuk mixed category dan perak Folklore Category pada 9th Rimini International Choral Competition di kota Rimini, Italia.

Paduan suara (PS) yang melibatkan 36 mahasiswa dan didampingi tiga staf UMM itu juga berhasil merebut dua medali emas untuk Mixed Category and Folklore Category pada 1st International Choir Festival Puccini.

Counsellor Pensosbud KBRI Roma, Aries Asriadi, mengatakan walaupun menuai kesuksesan, namun kelompok mahasiswa tersebut mengalami permasalahan ketika ingin kembali ke Tanah Air.

Bus yang disewa tidak kunjung datang sehingga rombongan tertahan di Provinsi Luca, Italia yang berjarak 370 KM dari Roma selama kurang lebih 12 jam, dari seharusnya berangkat ke Amsterdam menggunakan bus dan melanjutkan perjalanan dari Amsterdam ke Surabaya pada tanggal 5 Oktober 2015.

Permasalahan yang dihadapi bermula ketika mereka memesan bus dari Luca ke Amsterdam secara online kepada perusahaan GK Kompass Gmbh (www.bus.services.com). Namun terdapat indikasi perusahaan bus tersebut adalah perusahaan fiktif yang kerap melakukan penipuan.

Rombongan Universtitas Muhammadiyah tersebut kemudian diarahkan untuk naik kereta ke Kota Roma setelah gagal mendapatkan transportasi alternatif ke Amsterdam.

Kedutaan Besar RI di Roma berhasil mendapatkan 24 tiket penerbangan murah dari Roma ke Amsterdam sehingga mereka dapat kembali ke Indonesia dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia dari Amsterdam yang sesuai dengan jadwal semula.

Sementara itu, 15 mahasiswa terpaksa membeli tiket pesawat yang baru Roma - Surabaya karena tidak tersedianya tiket penerbangan dari Roma ke Amsterdam.

Mengingat kondisi waktu yang sangat sempit dan untuk menghindari kerugian yang lebih besar bila rombongan tidak dapat naik pesawat Garuda dari Amsterdam ke Jakarta, biaya pembelian tiket dari Roma untuk sementara menggunakan uang pribadi beberapa staf KBRI Roma.

Dalam kaitan ini, KBRI Roma ingin menyampaikan apresiasi kepada Universitas Muhammadiyah Malang yang secara cepat bertindak dan menjamin pembiayaan kepulangan semua mahasiswa dari Roma ke Surabaya.

Sehubungan dengan permasalahan yang sempat menimpa mahasiswa Universitas Muhammadiyah tersebut, KBRI Roma mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi online.

Selain itu juga diharapkan kerja sama yang lebih erat lagi dengan pihak-pihak di Indonesia yang mengirimkan delegasi ke Italia sehingga segala permasalahan yang mungkin dihadapi dapat ditangani secara cepat dan efektif seperti dilansir dari laman beritasatu.