PNS Jabar; Wakili Indonesia Ikut ACSG 2015

PNS Jabar; Wakili Indonesia Ikut ACSG 2015

Bandung, Kabarindo- Kontingen PNS Jabar mewakili Indonesia pada pesta olahraga pegawai negeri se-ASEAN (ACSG 2015) yang digelar untuk pertama kalinya di Malaysia, 15-20 November.

"Kami menargetkan juara umum pada ajang ACSG," kata Sekretaris Daerah Provinsi Jabar, Iwa Karniwa.

Jawa Barat mendapat kehormatan dan ditunjuk pemerintah pusat untuk mengirimkan kontingen mewakili Indonesia untuk berkompetisi pada ajang "Asean Civil Service Games" (ACSG) 2015, kegiatan olahraga untuk PNS itu.

Sepuluh negara tercatat menjadi peserta, yaitu Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

ACSG merupakan kompetisi olahraga para PNS se-Asean dan untuk yang pertama untuk menjalin kerja sama antarnegara-negara ASEAN, khususnya kerjasama antara pegawai negeri melalui olahraga. Penentuan lokasi penyelenggaraan ACSG berkaitan dengan penetapan Malaysia sebagai Ketua Asean periode 2015.

Iwa mengapresiasi penawaran Badan Kepegawaian Nasional kepada Pemprov Jabar untuk mengirimkan kontingen mewakili Indonesisa.

"Menjadi kebanggaan bagi Pemprov Jabar untuk dapat berpartisipasi di ajang internasional ini," katanya saat Peresmian Kontingen Indonesia.

Iwa merasa yakin bila dengan persiapan yang matang dan kolaborasi tim yang mantap dapat memenuhi target sebagai juara umum kelak.

"Investasi sudah dari jauh-jauh hari dengan rutinnya kita melaksanakan Porpemprov dan Porpemda," katanya.

Sebagai pemicu motivasi, cabang berhasil membawa pulang titel juara, PNS yang terlibat sebagai atlet maupun official akan diberikan hadiah kenaikan pangkat/golongan.

"Sesuai arahan Kepala BKN, nanti akan diberikan bonus berupa kenaikan pangkat/golongan. Kita sesuaikan nanti dengan peraturan perundangan yang berlaku," kata dia.

Pada acara Peresmian Kontingen Indonesia ini juga diserahkan Surat Perintah dari Kepala Badan Kepegawaian Negara yang diserahkan secara simbolis kepada Manajer dan Supervisor Kontingen.

Kepala Badan Kepegawaian Negara Bima Haria Wibisana yang menjabat sebagai "Chief de Mission" menjelaskan ada lima cabang olahraga yang akan dilombakan, yaitu bowling, golf, tenis meja, futsal, dan bulu tangkis. Indonesia akan mengikuti semua cabang dan secara keseluruhan tim yang akan bertanding sebanyak 33 atlet putra, 12 atlet putri dan melibatkan 15 official.

"60 orang ini terdiri dari 21 PNS Pemprov Jabar, tiga PNS kementerian dan lembaga, tiga PNS dari pemprov lain (DKI, Jawa Tengah dan Jawa Timur), 28 PNS dari kabupaten dan kota di Provinsi Jabar serta 4 orang non-PNS untuk pelatih dan phsyoterapist," katanya.

Bima menjelaskan pembiayaan untuk ACSG ini disiapkan oleh Organising Committee Malaysia dalam bentuk akomodasi terdiri dari hotel, makan dan transportasi selama kegiatan untuk seluruh offisial dan atlet, ditambah tiket pesawat untuk atlet golf dan bowling dari Malaysia Airlines seperti dilansir dari laman antaranews.