PMR Jadi Jaminan Kesinambungan PMI; Awesome....!

PMR Jadi Jaminan Kesinambungan PMI; Awesome....!

Grobogan, Kabarindo- Sebanyak 74 regu Palang Merah Remaja (PMR) utusan 19 kecamatan di Kabupaten Grobogan mengikuti kegiatan jumpa bhakti dan gembira (Jumbara) Ke-V di Desa Tawangharjo, Kecamatan Tawangharjo-Grobogan.

Ketua PMI Sugiyanto mengatakan bahwa PMR itu harapan PMI di masa depan. “PMR adalah cikal bakal relawan PMI yang menjamin kesinambungan organisasi PMI di masa depan. Dengan peduli, ceria dan bersahabat, suasana kompetisi yang sehat di dalam Jumbara, akan memacu keterampilan dan  kemampuan kerja kelompok yang sangat berguna dalam memupuk rasa kepemimpinan sesungguhnya,” ujarnya saat membuka Jumbara, kemarin (14/10).

Jumbara merupakan ajang simulasi penanganan kecelakaan atau bencana, sehingga anggota PMR siap berperan aktif bersama relawan PMI dalam penanganan kecelakaan dan bencama. Tujuan dari kegiatan ini supaya peserta Jumbara dapat mengimplementasikan tujuh prinsip kepalangmerahan dan Tri Bhakti PMR.

“Melalui berbagai kegiatan yang dilakukan dalam Jumbara, anggota PMR diharapkan dapat mengembangkan kapasitas, keterampilan dan sikap positif sesuai Tri Bakti PMR,” harap Sugiyanto yang juga Sekda Grobogan.

Ketua Panitia Lucas Supriyanto menjelaskan, Jumbara yang berlangsung hingga 17 Oktober ini mengusung tema “Bagimu Negeri Jiwa Raga Kami” terbagi menjadi tiga bidang kegiatan yaitu Jumpa, Bakti dan Gembira.

“Sejumlah 1.200 peserta dari 74 regu yang mengikuti Jumbara tersebut terdiri 31 PMR Mula (tingkat SD/MI), 22 regu PMR Madya (SMP/MTs), 21 regu PMR Wira (SMA sederajat). Masing-masing regu terdiri dari 6 PMR putra, 6 PMR putri, dan dua pembina pendamping,” terangnya.