PMI; Siapkan Desa Siaga Bencana

PMI; Siapkan Desa Siaga Bencana

Pemalang, Kabarindo- Kondisi cuaca yang sering berubah dengan cepat mengakibatkan meningkatnya potensi bencana.

Sebagai upaya pencegahan dan kesiapsiagaan, PMI Kabupaten Pemalang menyelenggrakan Pelatihan Siaga Bencana pada 9-10 November kemarin di Pendopo Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang.

Ketua PMI Kabupaten Pemalang, H Abdul Kadir mengungkapkan bahwa pelatihan seperti ini perlu diadakan mengingat wilayah Kecamatan Belik berdasarkan kondisinya yang terletak di dataran tinggi (pegunungan) sering terjadi bencana. Wilayah ini merupakan wilayah rawan bencana, seperti tanah longsor, angin putting beliung, kebakaran dan bencana lainnya.

Peserta dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan Penanganan Bencana. Sehingga diharapkan nantinya peserta pelatihan bisa mengimplementasikan teori dan praktek ketika sewaktu-waktu terjadi bencana yang sesungguhnya. “Pelatihan diikuti oleh 50 orang terdiri dari 10 orang relawan dan 40 orang Perangkat Desa Se Wilayah Kecamatan Belik,” terangnya.

Untuk memberikan gambaran situasi lapangan saat bencana, dilakukan simulasi bencana tanah longsor di Dusun Tepus Desa Belik Kecamatan Belik. Setelah melalui koordinasi singkat maka datanglah Tim Sibat (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat) menuju lokasi longsor guna melakukan pertolongan.

Pasca pelatihan ini Desa Belik ditetapkan menjadi Desa Siaga Bencana. Sedangkan desa lainnya di wilayah Belik dibentuk Tim Siaga Bencana yang merupakan rintisan pembentukan desa siaga bencana.

“Melalui upaya seperti itulah masyarakat diajak untuk berperan aktif bagaimana menghadapi kemungkinan terjadinya bencana. Tim Sibat sebagai ujung tombak yang berhadapan langsung dengan masyarakat bisa melakukan pengelolaan penanganan bencana secara tepat dan tepat,” pungkasnya.