PMI Siaga Di Kabupaten Sekitar Gunung Slamet; Terkoordinasi

PMI Siaga Di Kabupaten Sekitar Gunung Slamet; Terkoordinasi

Semarang, Kabarindo- Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Tengah bersiaga di lima kabupaten sekitar Gunung Slamet, yakni Kabupaten Brebes, Tegal, Pemalang, Banyumas, dan Purbalingga, guna menyiapkan pengungsian dan sejumlah upaya penyelamatan lainnya.

"Kami telah bersiaga di lima kabupaten itu, di antaranya menyiapkan pengungsian. Di Brebes, kami bagi-bagi masker kepada masyarakat," kata Ketua PMI Jawa Tengah (Jateng) Sasongko Tedjo di Semarang, Sabtu.

Penyiagaan di lima kabupaten itu, menurut dia, dilakukan agar personel lebih bersiaga jika menghadapi kemungkinan terjadinya peningkatan aktivitas Gunung Slamet yang semakin membahayakan.

Ia mengatakan, sejumlah personel sudah dilatih untuk menghadapi kondisi bencana, meliputi pendirian posko bencana, tempat pengungsian, kesiapan tim medis, hingga penyediaan dapur umum bagi pengungsi.

"Sejauh ini, kami terus memantau perkembangan aktivitas Gunung Slamet. Dari laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jateng sudah ada sekitar 1.170 warga yang mengungsi," katanya.

Namun, Sasongko menambahkan, keputusan warga untuk mengungsi dari tempat tinggalnya di lereng Gunung Slamet itu dilakukan lebih karena kekhawatiran, belum sampai pada kondisi yang mengkhawatirkan seperti dilansir dari laman antaranews.