PMI Agam; Bagikan 75.000 Masker

PMI Agam; Bagikan 75.000 Masker

Lubuk Basung, Sumbar, Kabarindo- Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, membagikan 75.000 masker kepada masyarakat dan pelajar di daerah yang sedang dilanda asap kebakaran hutan dan lahan itu.

Bendahara PMI Kabupaten Agam, Yusniwati, di Lubuk Basung, Sabtu, mengatakan 75.000 masker itu dibagikan utamanya untuk ibu hamil, pelaja,r dan orang tua yang berada di Agam wilayah timur.

"Kita mengutamakan pembagian masker di Agam wilayah timur, karena kabut asap lebih tebal di daerah itu dibandingkan degan Agam bagian barat," katanya.

Masker ini dibagikan oleh relawan PMI dan PMR yang ada di Agam wilayah timur.

"Masker yang dibagikan ini merupakan bantuan dari PMI Provinsi Sumatera Barat," katanya

Saat ini persediaan masker sudah habis di PMI Kabupaten Agam dan PMI Provinsi Sumbar.

Untuk menambah kekurangan PMI Kabupaten Agam sedang mencari donatur untuk membeli masker yang akan dibagikan kepada masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, Indra, menambahkan bahwa pihaknya juga telah membagikan sekitar 400.000 lembar masker kepada warga yang tersebar di 16 kecamatan se-Kabupaten Agam.

"Masker ini dibagikan melalui petugas 23 Puskesmas yang ada di Kabupaten Agam," katanya.

Dengan kondisi udara yang belum sehat ia mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, mengkosumsi air putih dan banyak makan sayur-sayuran.

"Imbauan ini telah kita sampaikan kepada warga dengan tujuan agar terhindar dari infeksi saluran pernapasan akut," katanya seperti dilansir dari laman antaranews.