PLN DJBB; Pastikan Pasokan Listrik Natal

PLN DJBB; Pastikan Pasokan Listrik Natal

Jakarta, Kabarindo- Deputi Manager Pengendalian Operasi Sistem Distribusi PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten (DJBB), Majuddin.

Ia mengatakan bahwa beban puncak Natal 2013 diperkirakan mencapai 5.603 megawatt (MW) dan beban puncak pemakaian listrik pergantian tahun diperkirakan mencapai 4.775 MW. PLN DJBB menjamin pasokan listrik Natal dan Tahun Baru 2014 aman.

"Pasokan listrik untuk kedua momen tersebut kami jamin aman. Untuk Natal, PLN menyiapkan pasokan listrik sekitar 9.790 MW dan tahun baru sekitar 9.808 MW," kata Majuddin.

Menurutnya, beban puncak Natal dan Tahun Baru 2014 diperkirakan lebih rendah dari tahun lalu. PLN memprediksi, beban puncak penggunaan listrik pada Natal 2013 mencapai 5.603 MW, jauh lebih rendah dari Natal 2012 sebesar 6.448 MW. Begitupun dengan Tahun Baru 2014, PLN memprediksi beban puncak penggunaan listrik mencapai 4.775 MW, jauh lebih kecil dari tahun lalu yang mencapai 5.601 MW.

Penurunan beban puncak konsumsi listrik, lanjut dia, disebabkan banyaknya industri dan pelanggan bisnis yang libur. Di Jabar, konsumsi kedua segmen pelanggan tersebut mencapai 61,5 persen dari total penggunaan listrik di Jabar dan Banten yang ratarata mencapai 4 juta mega watt hour (MWh) per bulan.

"Di sisi lain, konsumsi pelanggan bisnis untuk pusat berbelanjaan dan hiburan seperti mal, bioskop, dan lainnya cenderung naik. Kenaikan konsimsi listrik antara 5-10 persen dibandingkan bulan sebelumnya," kata Majuddin menjelaskan seperti dilansir dari laman Sindo.