Otoblitz Indonesia Classic Car Show (OICC-Show) 2013; Mulai Di Gelar Hari Ini

Otoblitz Indonesia Classic Car Show (OICC-Show) 2013; Mulai Di Gelar Hari Ini

Jakarta, Kabarindo- Untuk kali ketujuh pameran mobil klasik Otoblitz Indonesia Classic Car Show (OICC-Show) 2013 digelar.

Acara ini bertempat di Hall B1, Jakarta International Expo (JI-Expo) Kemayoran, Jakarta, Jumat (20/12) hingga Minggu (22/12).

Acara dibuka dan diresmikan langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo, Jumat (20/12).

Peresmiannya dilakukan secara simbolik dengan membuka salah satu penutup mobil yang dipamerkan. Momentum itu disaksikan oleh para pejabat instansi pemerintahan, Duta Besar Negara Sahabat, perwakilan APM, perwakilan media massa, Classic Car Club Arab Saudi, para kolektor beserta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Roy sedikit mengungkapkan masa lalunya saat menjadi peserta dalam acara yang sama pada tahun pertama hingga tahun ketiga.

"Saya pernah menjadi penonton, pernah juga turut serta dalam acara yang sama, dan pada tahun ini setelah jadi menteri, alhamdulillah saya diberi amanat oleh Presiden RI H. Susilo Bambang Yudhoyono untuk membuka dan meresmikannya," tuturnya bangga.

Roy juga menyatakan dukungan sepenuhnya kepada seluruh warga masyarakat Indonesia khususnya agar momen seperti ini mampu tumbuh dan terus berkembang dengan tujuan positif tidak hanya sekadar hobi dan merawat saja, namun juga sebagai pelaku yang membawa dan melestarikan sejarah.

"Saya sangat berharap dan meminta kepada seluruh warga Indonesia agar turut mengapresiasi kegiatan positif ini, tidak hanya sekadar untuk hobi namun juga menjaga warisan bangsa Indonesia," ungkapnya.

Selain Roy Suryo, turut hadir juga mantan Wakapolri, Nanan Sukarna yang berlaku sebagai ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) sekaligus peserta pameran.

13 Mobil Limousine Soekarno
Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, acara yang mengangkat tema "Save Our Classic Heritage" kali ini menampilkan para "Primadona" yang belum pernah dijumpai sebelumnya di Indonesia, yakni 13 mobil kenegaraan RI-1 Presidential Limo yang dipakai oleh Presiden RI pertama Soekarno selama menjabat.

"Sebenarnya setiap tahun selalu dipamerkan entah 1 atau 2 mobil kenegaraan klasik. Namun kali ini kami pamerkan 13 mobil," ujar Konseptor OICC-Show Azman Osman saat ditemui disela-sela acara.

Menurutnya, kehadiran 13 mobil ini sekaligus memberikan informasi bagaimana Soekarno mencintai mobil dan antusias akan perkembangan mobil.

Sebanyak 13 mobil kenegaraan Soekarno RI-1 Presidential Limo yang dipamerkan meliputi, Chrysler Windsor Limo (1947), Chrysler Imperial Le Baron (1964), Buick Super Sedan (1949), Chrysler Imperial Crown Coupe (1953), Cadillac Fleetwood Series 75 Limo (1957), ZIL 111 (1961), Imperial Crown 4 Doors Hdtp (1962), Cadillac Fleetwood Series 75 Limo (1964), Chrysler Crown Imperial Limo (1954), Imperial Crown Limo Ghia (1959), dan Oldsmobile 98 sedan (1963).

Tak hanya "Sang Primadona", kemeriahan pameran mobil klasik terbesar dan terbanyak se Asia Tenggara ini juga diikuti oleh 43 club mobil klasik dari seluruh penjuru Indonesia dan mancanegara. Hal itu merupakan sebuah peningkatan yang luar biasa sekali, karena pada tahun sebelumnya hanya diikuti hanya sebanyak 15 klub.

"Ini merupakan tahun istimewa. Selain mampu menampilkan 13 mobil kenegaraan Soekarno RI-1 Presidential Limo, acara ini juga mampu menghadirkan 43 club mobil klasik dari seluruh penjuru Indonesia dan mancanegara. Tahun kemarin kita hanya kedatangan 15 club saja," kata Osman.

Beberapa jenis mobil klasik dari 43 club itu di antaranya Corolla Classic Community, Datsun Jakarta, VW Bekasi, Chevy Classic Club Indonesia, Volvo Club Indonesia, dan Indonesia Auto Retro Club.

Selain mobil klasik, di Hall C1 juga diadakan Classic Bike Show untuk ketiga kalinya yang menampilkan American Classic Bike, European Classic Bike, Asian Classic Bike, Mini Classic Bike, Scooter Classic Bike, sampai Custom Classic Bike seperti dilansir dari laman beritasatu.