Oscar Lawalata; Hadirkan Nuansa Keraton Jawa Di JFW 2015

Oscar Lawalata; Hadirkan Nuansa Keraton Jawa Di JFW 2015

Jakarta, Kabarindo- Bertajuk "The Ceremony of Java".

Kali ini, koleksi rancangan Oscar Lawalata menonjolkan suasana ningrat atau keraton Jawa. Oscar menghadirkan motif-motif batik jaman dulu dan kain batik prada emas yang mengintepretasikan kekuatan keraton atau ningrat Jawa.

Oscar mengaku koleksi yang terdiri dari 48 rancangan ini, terinspirasi dari keanggunan para penari Bedoyo dari abad ke-3 yang juga merupakan tarian dari Keraton.

"Gerak tarinya, keindahan dan keanggunannya, semua menginspirasi koleksi saya kali ini," ujar Oscar pada jumpa pers di Jakarta Fashion Week (JFW) 2015, Jakarta, Selasa (4/11).

Selain busana, untuk mengoptimalkan koleksi kali ini Oscar berkolaborasi dengan desainer asal Belanda, Mada van Gaans. Mada mendesain aksesoris sebanyak 60 buah untuk menunjang tampilan koleksi yang terdiri dari busana siap pakai dan gaun malam tersebut.

"Aksesoris yang saya buat berbahan dasar kulit, tembaga dan perak. Saya terinspirasi dari wayang golek, wayang kulit dan budaya Jawa tahun 1960-an, namun dikemas dengan sentuhan modern," imbuh Mada.

Ia mengaku menemukan banyak sekali teknik membuat aksesoris Jawa. Menurutnya, tidak cukup waktu setahun untuk mendalaminya.

"Aksesoris ini nantinya akan saya pamerkan juga ke Belanda," pungkasnya.

Kolaborasi ini didukung penuh oleh pusat kebudayaan Belanda, Erasmus Huis seperti dilansir dari laman beritasatu.