Organisasi BTM (Beringin Tetap Maju); Jadikan BMI Hong Kong Makin Kreatif

Organisasi BTM (Beringin Tetap Maju); Jadikan BMI Hong Kong Makin Kreatif

Lap. Victoria, CausewayBay, Hong Kong, Kabarindo- Saatnya Anda tahu satu dari puluhan organisasi dari Buruh Migran Indonesia atau disingkat BMI.

Kali ini redaksi meliput aktivitas kreatif dari Beringin Tetap Maju yang ikut berpartisipasi di ajang ultah IMWU ke-15 kemarin.

BTM selalu terlihat kompak dalam menjalani disetiap kegiatan. Dan BTM ini paling jago kalau bidang mengarang lagu gubahan progresif selalu juaranya.

Redaksi ikut takjub saat BTM dinobatkan sebagai juara 1 dalam lomba karaoke gubahan lagu progesif yang diadakan oleh IMWU (Indonesian Migrant Worker Union) yang bertema “aku dan perjuanganku sebagai buruh migran.”

BTM kemarin mengubah lagu dangdut yang berjudul “Cintaku klepek-klepek sama dia” digubah menjadi “BMI klepek-klepek dengan aturan pemerintah” yang liriknya sedikit menggelitik orang-orang KJRI dan pemerintah Indonesia.

Karena isi dari gubahan dari lagu tersebut menceritakan keadaan buruh migran yang tidak sedikit mengalami tekanan-tekanan di rumah majikan, mahalnya biaya penempatan dan bahkan ketidak pedulian pemerintah  terhadap nasib para pahlawan devisa yang seakan-akan malah menjadi sapi perahan negara.

Dihubungi via inbox dan ditanya siapa yang selalu mengarang lirik lagu gubahan tersebut?

“Yah, saya sendiri dan rekan di BTM ada yang bernama Armi kemudian didiskusikan dengan anggota yang lain” seloroh Sumber, ketua BTM.

Organisasi yang beranggotakan 25 BMI yang aktif ini dan juga bernaung dalam aliansi persatuan BMI tolak overcharging di Hong Kong (PILAR-HK) yang mana bergerak dalam bidang sosial, membantu kawan-kawan yang berkasus, menolak tingginya biaya penempatan dan menuntut  apa yang menjadi hak-hak buruh migran di Hong Kong.

Masih menurut Sumber selaku ketua dari BTM, mengatakan bahwa BTM akan tetap berjuang di garis massa. Selama 2 (dua) tahun kiprah di aliansi, BTM mampu menjadi terdepan dan tercatat sebagai organisasi ter-kreatif.

Semua ini terbukti dari berbagai prestasi yang telah diraihnya lewat gubahan lagu progresif dan drama panggung tentang kehidupan buruh migran  yang mereka ciptakan.

Motto dari BTM (Beringin Tetap Maju) adalah Bersatu, Berkreasi, Berjuang dan Berorganisasi. Tetap semangat, terus berkarya dan berjuang!


Salam solidaritas......!!!!