Nissan GT Academy Indonesia; Reality Show Motorsport Pertama Di Indonesia

Nissan GT Academy Indonesia; Reality Show Motorsport Pertama Di Indonesia

Surabaya, Kabarindo- PT Nissan Motor Indonesia (NMI) membuat reality show motorsports pertama di Indonesia.

Reality show Nissan GT Academy Indonesia mengisahkan perjalanan prestasi tim Nissan GT Academy Indonesia meraih juara kedua di ajang balapan internasional Nissan GT Academy Grup Asia di Inggris pada Agustus 2015.

General Manager Marketing Strategy NMI, Budi Nur Mukmin, mengatakan reality show Nissan GT Academy telah ditayangkan di lebih dari 30 negara dan kini hadir di Indonesia. Diharapkan acara ini dapat menjadi hiburan yang menginspirasi talenta-talenta muda Indonesia untuk menyalurkan minat di dunia balap mobil. Hal ini sesuai dengan semangat Nissan yang terus melakukan Innovation That Excites.

Nissan GT Academy merupakan kerja sama antara Nissan dan Sony Playstation untuk melahirkan seorang pembalap andal dari game virtual Gran Turismo. Nissan GT Academy Internasional sudah digelar sejak 2008 dan berhasil mencetak pembalap berprestasi, beberapa diantaranya berhasil naik podium di perhelatan balap bergengsi Le Mans 24 Hour.

“Nissan merupakan satu-satunya produsen mobil dengan kompetisi balap yang unik seperti ini, di mana pencarian bakat baru di dunia motorsport dilakukan melalui kompetisi virtual yang dilanjutkan dengan pembinaan di dunia nyata. Nissan GT Academy memberikan inspirasi kepada gamers dan mereka yang bercita-cita menjadi pembalap profesional untuk bersaing di ajang balap internasional,” ujar Budi pada Selasa (19/1/2016).

Indonesia berpartisipasi di Nissan GT Academy pada 2015. Sekitar 15.000 peserta mengikuti seleksi simulasi mengemudi virtual Gran Turismo. Di babak final nasional, 20 orang yang lolos diuji kemampuannya dalam mengemudi virtual dan sesungguhnya.

Dari uji tersebut, tersaring enam finalis yaitu Andhika Rama Maulana (20th), Datu Yoga Brata (34th), Raira Bhaskara (18th), Kreshna Agusta Mulyo Adi (18th), Fer Son (22th), dan Pradana Yogatama (18th) yang mewakili Indonesia dalam Nissan GT Academy tingkat Asia di Sirkuit Silverstone, Inggris, pada Agustus 2015.

Keenam finalis tersebut bersaing dengan 29 finalis lainnya di Grup Asia yaitu India, Thailand, Filipina dan Jepang. Indonesia diwakili oleh Andhika Rama Maulana berhasil naik ke podium Sirkuit Silverstone dengan meraih gelar juara kedua tingkat Asia. Juara pertama dimenangkan oleh Jose Gerard Policarpio (Filipina) yang terpaut 0.288 detik.

Dalam reality show tersebut, penonton dapat merasakan perjalanan dan keseruan enam finalis Indonesia Nissan GT Academy. Mulai dari tahap Race Camp hingga balapan final di Sirkuit Silverstone. Dalam tahap Race Camp, peserta Nissan GT Academy harus melewati beberapa tahapan tes seperti tes fisik (GT Ninja), tes kemampuan menyetir (Sand Buggy Challenge, Gymkhana, Stock Car Race, Formula Silverstone, Nissan 370z) dan perilaku (rangkaian wawancara). Pembalap Internasional GP2 asal Indonesia, Sean Gelael, berperan serta dalam tahap Race Camp Nissan GT Academy 2015 dengan menjadi mentor tim Indonesia saat berlaga di track balap.