Nikmati Street Food Ala Penang; Di Garden Palace Hotel

Nikmati Street Food Ala Penang; Di Garden Palace Hotel

Surabaya, Kabarindo- Menikmati makanan di hotel mungkin sudah biasa bagi sebagian kita.

Namun menikmati street food alias makanan kaki lima di hotel berbintang mungkin jarang kita lakukan karena memang jarang disajikan hotel. Padahal banyak makanan kaki lima yang enak.

Hal ini mendorong Garden Palace Hotel (GPH) Surabaya untuk menyajikan street food ala Penang, Malaysia. Kebetulan General Manager GPH, Jimmy Yeo, berasal dari Penang. Ia ingin membawa street food Penang ke hotelnya agar bisa dicicipi para tamu.

“Penang memiliki makanan kaki lima yang enak. Negara bagian ini menjadi surga pecinta kuliner. Bermacam makanan yang sedap dan menggugah selera bisa ditemui di jalan – jalan di Penang, khususnya di pusat jajanan Gurney Drive di Gurney Beach,” ujarnya pada Selasa (15/10).

Untuk itu, GPH menghadirkan juru masak khusus dari Penang, Chef Lim, yang mengolah dan menyajikan bermacam makanan kaki lima dari Penang selama 15 Oktober – 14 November. Para tamu dapat memilih sesuai selera.

“Chef Lim bisa menularkan ilmu kepada para koki di GPH sekaligus memanjakan para pecinta kuliner untuk mencicipi street food khas Penang,” ujar Jimmy.

Perpaduan bumbu yang digunakan Chef Lim menciptakan cita rasa yang khas dan memberikan pengalaman berbeda bagi para penikmatnya. Makanan kaki lima Penang memadukan cita rasa Melayu, Cina dan India karena negara bagian ini memiliki banyak penduduk dari ketiga etnis ini.

Bedanya, jika orang Jatim, terutama Surabaya, menyukai makanan bercita rasa gurih, pedas dan agak asin, berbeda dengan orang Penang. Mereka kurang suka rasa asin. Namun pada dasarnya, makanan kaki lima Penang hampir sama dengan makanan yang biasa dinikmati masyarakat terutama di Medan. Misalnya kwetiau. Hal ini tampaknya karena Indonesia dan Malaysia masih serumpun.

Menu - menu yang disajikan Chef Lim antara lain Nasi Ayam Hainan, Ayam Laksa, Mi Hokian, Char Koay Teow, Mi Kari, Mi Nyonya Lam, Mi Mamak Goreng, Kang Kong with Cuttle Fish (Jui Hoo Eng Chai), Bihun Fish Head dan Kwetiau.

Menurut Humas GPH, Setiawan Nanang, Chef Lim menyajikan menu – menu yang berganti setiap hari agar tamu mendapat pilihan yang beragam. Namun ada menu tertentu yang selalu ada misalnya kwetiau yang banyak disukai tamu karena cocok dengan lidah orang Indonesia.