Nikmati Onde-Onde Cimanuk; Di High Tea Mercure Surabaya

Nikmati Onde-Onde Cimanuk; Di High Tea Mercure Surabaya

Surabaya, Kabarindo- High Tea adalah budaya minum teh yang disajikan dengan makanan ringan. Biasanya dinikmati saat sore hari. Bisa sendirian atau berkumpul dan mengobrol santai bersama pasangan, keluarga atau teman dekat.
 
Tradisi minum teh sebenarnya berasal dari Cina yang kemudian menyebar ke berbagai negeri dan berkembang di masing-masing negeri. Di Jepang dan Inggris, tradisi minum teh sudah mengakar kuat. Bahkan di Jepang ada upacara minum teh.
 
Minum teh kurang afdol tanpa pendamping makanan ringan. Jika di Barat, Inggris misalnya, makanan ringan yang disajikan biasanya berupa roti, biskuit atau sejenisnya. Di Indonesia berbeda. Kita tak perlu meniru kebiasaan di sana karena punya beragam kudapan tradisional atau jajanan yang tak kalah enak dari sisi rasa maupun bentuk.
 
Jajanan tersebut bisa berupa gorengan misalnya onde-onde, pisang goreng, tape goreng (Rondo Royal) dan singkong goreng. Bisa pula berupa jajanan basah seperti putu ayu, wajik, kelepon, nagasari, singkong rebus dan lain-lainnya. Dengan wadah yang cantik serta penataan yang apik dan menarik, jajanan tersebut bakal memikat dan nikmat disantap.
 
Hal ini dilakukan Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya yang menawarkan “Special High Tea, Sweet Glutinous Balls” kepada tamu di Coffee Cafe. Jajanan tradisional yang disajikan adalah aneka jajan pasar sebagai teman minum teh diantaranya cenil, klepon, lapis beras, Centik Manis dan tape goreng.
 
Ada pula Iwel-iwel dan Sawut yang mungkin terdengar asing bahkan belum pernah disantap anak-anak sekarang karena tergolong ‘langka’. Jajan pasar ini jarang ditemui di kota besar bahkan di pasar tradisional.
 
Ichwan, Food & Beverage Manager di Mercure, mengatakan ada lagi jajanan istimewa yaitu “Onde-onde Cimanuk” yang terbuat dari bahan dasar tepung ketan, gula, baking powder, margarine, garam dan air. Setelah dibentuk bulat, seluruh permukaannya ditaburi wijen.
 
Ichwan menjelaskan, Onde-onde Cimanuk mempunyai variasi isian yang berbeda. Ada  tiga macam yaitu isi Kacang Hijau, Pandan Pasta dan Kacang Merah. Masing-masing memiliki rasa yang khas.
 
“Tamu bisa memilih sesuai selera,” ujarnya pada Kamis (6/11/2014).