Negara-Negara Asia; Siap Mudahkan VISA

Negara-Negara Asia; Siap Mudahkan VISA

Jakarta, Kabarindo-  Menteri Pariwisata se-Asia berkumpul dalam forum Asia Summit yang difasilitasi World Travel and Tourism Council (WTTC) di Seoul, Korea, 10-11 September 2013.

Untuk membahas fasilitasi perjalanan turis melalui kemudahan visa dan konektivitas udara.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu dalam keterangan pers di Jakarta, Rabu kemarin.

Ia mengatakan pihaknya juga mengambil bagian pada pertemuan WTTC Asia Summit, yang mengambil tema "Staying Ahead of Tomorrow", di Seoul, Korea, 10-11 September 2013.

"Kami secara khusus diundang oleh WTTC untuk berpartisipasi pada pertemuan tertutup para Menteri Pariwisata Asia dengan para petinggi sektor swasta pariwisata," katanya.

Ia mengatakan, dalam diskusi tersebut, ada tiga hal utama yang dibahas, yaitu fasilitasi perjalanan wisatawan mancanegara (wisman) melalui kemudahan visa dan konektivitas udara.

Diskusi kedua yakni pengembangan produk wisata dan promosi wisata yang mencakup lebih dari satu destinasi (joint-promotion of destinasions) seperti yang dilakukan di ASEAN.

"Dan diskusi ketiga adalah kebijakan untuk menjamin pariwisata berkelanjutan dalam arti lingkungan hidup, sosial dan ekonomi, termasuk agar manfaat pariwisata dirasakan oleh komunitas di lokasi wisata," katanya seperti dilansir dari laman antaranews.