Munas Nahdlatul Ulama; Siap Digelar Di Ponpes Al Hikam Depok

Munas Nahdlatul Ulama; Siap Digelar Di Ponpes Al Hikam Depok

Jakarta, Kabarindo- Pondok Pesantren Al Hikam, Depok, Jawa Barat yang diasuh mantan Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi menjadi tuan rumah Musyawarah Nasional dan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama pada 30-31 Agustus 2014.

"Itu hasil rapat gabungan Syuriyah dan Tanfidziyah PBNU bersama Panitia Munas dan Konbes NU 2014, Senin (18/8)," kata Ketua Bidang Publikasi Munas dan Konbes NU A Khoirul Anam di Jakarta, Rabu.

Munas dan Konbes NU 2014 sedianya diselenggarakan pada 13-15 Juni 2014 di Pondok Pesantren Al Hamid, Cilangkap, Jakarta Timur, namun akhirnya ditunda hingga pemilihan umum presiden dan wakil presiden (Pilpres) selesai.

Forum permusyawaratan NU setingkat di bawah muktamar itu akhirnya diputuskan digelar pada 22-24 Agustus di tempat yang sama. Namun, pengasuh Pesantren Al Hamid KH Lukman Hakim Hamid menyatakan tidak memungkinkan untuk menjadi tuan rumah karena kegiatan belajar mengajar sudah dimulai.

Rapat gabungan yang dipimpin Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj akhirnya memutuskan Munas dan Konbes NU digelar di Pesantren Al Hikam yang berlokasi tidak jauh dari Kampus Universitas Indonesia, Depok.

Hasyim Muzadi yang juga Rois Syuriyah PBNU menyatakan siap menjadi tuan rumah namun meminta kelonggaran waktu untuk mempersiapkan hajatan itu di pesantrennya, sehingga Munas dan Konbes mundur dari tanggal 22-24 Agustus menjadi tanggal 30-31 Agustus.

Sebelumnya ada opsi Munas dan Konbes diselenggarakan pada waktu yang ditentukan, tanggal 22-24 Agustus 2014 di Gedung PBNU. Namun, karena ruang rapat utama PBNU dianggap tidak cukup untuk menyelenggarakan kegiatan berskala nasional yang dihadiri perwakilan PWNU dari 33 provinsi dan para kiai serta mustasyar NU dari berbagai pondok pesantren, maka opsi itu akhirnya tidak dipilih seperti dilansir dari laman antaranews.