Modalku Pinjamkan Modal Usaha Hingga Rp.2 Miliar; Tanpa Agunan

Modalku Pinjamkan Modal Usaha Hingga Rp.2 Miliar; Tanpa Agunan

Surabaya, Kabarindo- Modalku, pionir fintech (financial technology) peer-to-peer lending di Indonesia, memberikan pinjaman modal usaha tanpa agunan hingga Rp.2 miliar dan tenor hingga 24 bulan.

Modalku adalah merek dagang yang dimiliki PT Mitrausaha Indonesia Grup. Modalku diluncurkan Reynold Wijaya, lulusan Harvard Business School, bersama Co-Founder Iwan Kurniawan, mantan konsultan manajemen, pada Januari 2016.

Iwan Kurniawan, Co-Founder dan Chief Operating Officer Modalku, merujuk data terakhir Kemenkop yang menyebutkan jumlah UMKM di Indonesia lebih dari 56 juta. Namun masih banyak UMKM lokal yang sulit berkembang, karena kurang modal usaha, padahal sektor ini memiliki pasar yang luas dan mampu menyerap banyak tenaga kerja.

Ia mengatakan, UMKM merupakan tulang punggung ekonomi negara. Mereka menyumbang 60,3% pendapatan negara dan mempekerjakan 97% tenaga kerja nasional. Namun masalah utama UMKM adalah kurangnya akses terhadap modal usaha sehingga sulit meningkatkan kapasitas usaha atau mengembangkan produk yang mampu bersaing di pasar.

“Visi kami memberdayakan UMKM lokal dan memberikan dampak positif bagi ekonomi Indonesia,” ujarnya pada Rabu (14/6/2017).

Modalku menyediakan layanan peer-to-peer lending berbasis teknologi finansial yang mempertemukan UMKM potensial dan pencari investasi alternatif lewat pasar digital. Dengan mendanai pinjaman yang dibutuhkan UMKM, pemberi pinjaman Modalku mendapatkan alternatif investasi dengan tingkat pengembalian yang menarik.

Sejak 2016, Modalku mendukung pasar UMKM di Jabodetabek dan Bandung. Hingga saat ini, Modalku telah menyalurkan lebih dari Rp.183 miliar kepada 334 UKM peminjam. Kini Modalku memperluas jangkauan layanan ke Surabaya.

Iwan mengatakan, pihaknya ingin mendukung UMKM potensial di Surabaya melalui pinjaman modal usaha agar dapat terus berkembang. Salah satu perusahaan yang telah menerima modal usaha di Surabaya adalah jasa ekspedisi kapal laut PT Bintang Timur Dwijaya.

Sigit Aryo Tejo, Sales, Director, SME Credit Modalku, mengatakan UMKM dapat mendaftar untuk mengajukan pinjaman dengan proses aplikasi online yang singkat, mudah dan waktu persetujuan cepat. Modalku akan memberikan pinjaman modal usaha hingga Rp.2 miliar tanpa agunan dengan tenor hingga 24 bulan.

Iwan mengatakan, Modalku berencana untuk membuka kantor perwakilan di kota-kota lain agar semakin banyak UMKM Indonesia yang memiliki akses ke pinjaman modal usaha.