MoboMarket; Papar Kebiasaan Para Pengguna Android di Indonesia

MoboMarket; Papar Kebiasaan Para Pengguna Android di Indonesia

Surabaya, Kabarindo- MoboMarket merilis laporan tentang tren penggunaan smartphone Android di Indonesia yang berjudul Q4/2014 Indonesia Mobile Data Report, Based on MoboMarket Users Data Research.
 
Laporan tersebut disusun berdasarkan hasil riset terhadap kebiasaan para penggunanya di Indonesia pada kuartal keempat (Q4) tahun 2014.
 
Dalam riset tersebut, MoboMarket menemukan bahwa game merupakan aplikasi yang paling banyak diunduh oleh para pengguna yaitu sebanyak 43%. Setelah game, aplikasi favorit yang paling banyak diunduh adalah sosial media (12%) dan aplikasi foto (11%).
 
Jenis game yang paling banyak diunduh adalah casual game atau game ringan sebanyak 16%. Jenis game lain yang disukai oleh pengguna antara lain game bergenre arcade (16%), balapan atau racing (12%), action (11%), dan game olah raga (7%).
 
Meskipun game menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh oleh pengguna, namun dari sisi update, game menjadi aplikasi yang cukup jarang diperbarui, yaitu hanya 12%. Hal ini menunjukkan rentang waktu pemakaian game oleh pengguna tidak terlalu lama.
 
Sementara itu, jumlah update aplikasi sosial seperti Facebook, BlackBerry Messenger dan Line menempati porsi terbanyak sebesar 39%. Hal ini menunjukkan bahwa mayoritas pengguna membutuhkan aplikasi sosial untuk jangka waktu yang panjang. MoboMarket juga menemukan bahwa kebanyakan pengguna memasang 3-4 aplikasi sosial di ponsel mereka.
 
Kebanyakan pengguna Android yang mengakses MoboMarket di Indonesia yaitu sebanyak 31,89% menggunakan smartphone berukuran 4 inchi dengan resolusi layar 800*480 piksel. Ukuran dan resolusi layar ponsel tersebut terbilang mungil jika dibandingkan dengan ukuran dan resolusi layar ponsel yang digunakan oleh kebanyakan pengguna MoboMarket di Tiongkok. Kebanyakan ponsel yang digunakan di Tiongkok berukuran lebih dari 4 inchi dengan resolusi 1280*720 piksel.
 
Kebanyakan pengguna mulai mengakses ponsel mereka dengan aktif mulai pukul 17:00 dan mencapai waktu puncak akses pertama pada pukul 20:00 saat beristirahat sepulang bekerja.
 
Meski begitu, di luar dugaan, waktu puncak tertinggi adalah pada saat tengah malam yaitu pada pukul 23.00-24:00. Hal ini menunjukkan bahwa kebanyakan pengguna terbiasa  bermain dengan ponsel sebelum tidur. Waktu akses ini mencapai titik terendah pada pukul 03.00.
 
“Melalui laporan ini, kami ingin memberikan wawasan mengenai tren dan situasi pasar mobile di Indonesia. Diharapkan informasi ini dapat berguna bagi para pelaku industri mobile internet, terutama pengembang aplikasi, dalam mempelajari dan memahami karakteristik para pengguna mobile di negeri ini. Untuk mendukung perkembangan ekosistem mobile internet di Indonesia, kami juga berencana untuk merilis laporan ini secara rutin pada setiap kuartal,” papar Bao Jianlei, Managing Director of Baidu Indonesia, akhir pekan ini.