Metallica Kangen Indonesia; Jakarta Makin Aman

Metallica Kangen Indonesia; Jakarta Makin Aman

Jakarta, Kabarindo- James Hetfield rupanya masih ingat kunjungan mereka 20 tahun yang lalu ke Jakarta.

Bulan April tahun 1993, Metallica manggung di Jakarta, bertempat di Stadion lebak Bulus. Seperti yang telah diketahui publik, konser Metallica saat itu rusuh.

"Kangen dengan teman kalian, Metallica?" tanya Hetfield dari atas panggung konser yang diadakan di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Minggu (25/8) malam.

Pertanyaan Hetfield itu pun segera saja dijawab "ya" oleh sekitar 50.000 penonton yang memadati Stadion GBK. Lautan penonton yang malam itu kebanyakan mengenakan kaus hitam itu pun bersorak-sorak mendengar pertanyaan vokalis band asal Los Angeles, Amerika Serikat itu.

"Saya tidak percaya, sudah 20 tahun yang lalu," sambung Hetfield.

Seperti judul lagu Seringai, band pembuka konser, Metallica sejak lagu pertama sudah "Membakar Jakarta".

Penonton yang telah menunggu Hetfield, Robert Trujillo, Lars Ulrich, dan Kirk Hammet sejak sore serentak mengiringi sang vokalis meneriakkan "Hit The Lights".

Distorsi gitar Hammett mengiringi vokal Hetfield yang masih prima. Ulrich, yang pertama memasuki panggung malam itu menabuh drum-nya dengan penuh stamina.

Tak puas menyapa setalah 20 tahun tidak bertemu, Metallica kembali membakar GBK dengan hits mereka "Master of Puppets" dari album berjudul sama keluaran tahun 1986.

"Come crawling faster. Obey your master. Your life burns faster. Obey your master, master," suara Hetfield dibantu penonton menggema di stadion.

Penonton di kelas tribun pun, meski jauh dari panggung, tidak mau ketinggalan untuk mengabadikan Metallica dengan ponsel yang mereka bawa. Meski jauh dari panggung, penonton di kelas tribun masih dapat melihat dengan jelas melalui tiga layar besar yang disediakan di tengah, kanan, dan kiri panggung. video yang ditayangkan pun tidak monoton mengambil suasana panggung. Sesekali, tayangan video mengikuti entakan drum Lars Ulrich, maupun petikan gitar dan bas dari Hammett, Hetfield, dan Trujillo.

Antusiasme penonton membuat mereka berjingkrak-jingkrak sepanjang konser.

"Halo Jakarta. Kalian enerjik malam ini," kata Hetfield seperti dilansir dari laman antaranews.

Terkenal dengan lagu-lagu thrash metal mereka yang bertempo cepat, Metallica tidak memforsir tenaga mereka maupun penonton untuk berjingkrak. Setiap beberapa lagu, mereka memainkan lagu bertempo lambat. Usai membawakan "Ride The Lightning", mereka mengajak penonton sedikit bersantai dengan "Fade To Black". Begitu juga ketika mereka selesai membawakan "Cyanide", diselipi intermezzo permainan solo bas Robert Trujillo, Metallica pun membawakan "Welcome Home (Sanitarium)".