Mesin EcoBoost 1.0 Liter; Punya Ford Fiesta Baru

Mesin EcoBoost 1.0 Liter; Punya Ford Fiesta Baru

Jakarta, Kabarindo-  Ford Fiesta baru akan menjadi kendaraan Ford pertama yang diproduksi di ASEAN yang menyajikan mesin Ford EcoBoost® 1.0 liter pemenang banyak penghargaan, sekaligus memperkenalkan teknologi powertrain Ford EcoBoost global di wilayah ini.

Mesin terkecil di kelasnya, Ford EcoBoost tiga silinder yang telah dipatenkan ini memiliki tenaga, torsi dan penyempurnaan yang besar. Diproyeksikan menghasilkan tenaga 120 PS dan torsi puncak 170 Nm, mesin yang senyap dan lembut ini akan menghasilkan tenaga dan performa yang menandingi mesin bensin 1.6 liter tradisional. Dengan 25 persen lebih sedikit bagian yang bergerak, EcoBoost 1.0 liter mampu menghasilkan penghematan bahan bakar yang lebih tinggi dan emisi yang lebih rendah.

Mesin Ford EcoBoost 1.0 liter yang telah dipatenkan ini halus dan lembut, menjungkirbalikan kesalahan persepsi yang meyakini bahwa mesin tiga silinder itu berisik dan kasar

Cukup kecil untuk muat di atas selembar kertas A4 atau dimasukkan ke dalam bagasi kabin pesawat, EcoBoost 1.0 liter adalah anggota terkecil dalam keluarga besar mesin Ford EcoBoost global yang meliputi varian empat silinder 1.6 dan 2.0 liter, serta dua varian V6 3.5 liter.

Teknologi Ford EcoBoost, yang memiliki lebih dari 125 paten, menggabungkan direct fuel injection, turbocharging dan variable valve timing yang memampukan perampingan mesin untuk menghasilkan penghematan bahan bakar hingga 20 persen dibandingkan mesin yang lebih besar tanpa kehilangan kinerja.

Saat ini tersedia pada kendaraan Ford di Eropa, EcoBoost 1.0 liter juga akan diperkenalkan di Amerika Utara, China, India dan negara-negara lain.

"Pelanggan pasti akan menyukai anggota junior keluarga mesin EcoBoost yang memiliki tenaga lebih besar dibandingkan beratnya," kata Graham Pearson, Vehicle Line Director for B Cars, Ford Asia Pasifik.

"Kebanyakan pelanggan bahkan tidak akan menyadari berkurangnya satu silinder ketika mereka menyalakan dan mengendarai mobil ini. Hal yang akan mereka sadari adalah betapa senyap mesinnya, betapa cepat mobil ini berakselerasi, dan betapa sedikit bahan bakar yang dibutuhkannya."

Mesin kecil yang hebat
EcoBoost 1.0 liter berbeda dengan mesin lain dalam sejarah Ford yang membentang lebih dari satu abad. Tidak hanya mesin ini merupakan mesin tiga silinder pertama Ford, mesin ini juga memiliki kepadatan daya tertinggi dibandingkan dengan mesin produksi Ford lain.

Mesin tiga silinder pada umumnya tidak seimbang dan tidak sinkron, menyebabkan getaran yang tidak menyenangkan. Lebih dari 200 teknisi yang berbasis di pusat-pusat teknis Ford di Dunton, Inggris, dan Merkenich, Jerman bekerja sama dalam mengubah mesin tiga silinder yang tidak disukai menjadi Ford EcoBoost 1.0 liter yang halus dan lembut.

Solusi tradisional untuk mengurangi daya getaran pada mesin berukuran kecil adalah dengan memasang poros penyeimbang di dalam motor yang menghilangkan sebagian besar getaran. Namun, hal ini menambah berat, biaya, dan mengurangi penghematan bahan bakar.

Para teknisi menghasilkan alternatif yang cerdas. Mereka sengaja membuat katrol dan flywheel tidak seimbang dengan bobot yang ditempatkan tepat untuk melawan daya getar alami mesin dan mendorong energi ke arah yang kurang sensitif. Pemasangan mesin pun dirancang untuk memisahkan serta menyerap daya getar mesin.

EcoBoost 1.0 liter juga memperkenalkan banyak teknologi baru yang belum pernah digunakan sebelumnya pada kendaraan Ford:

•    Turbocharger superkecil dan sangat responsif menghasilkan tenaga dengan cepat ketika gas dibuka dari rpm rendah. Kemampuan turbocharger untuk mencapai hampir 250.000 rpm tanpa adanya turbo lag dan torsi puncak mesin 170 Nm pada 1.400-4.500 rpm lebih dari cukup bagi pengendara untuk melaju dan menyalip dengan mudah

•    Manifold knalpot ditempelkan ke dalam kepala silinder sehingga gas buang dapat didinginkan menggunakan air untuk memungkinkan rasio bahan bakar dan udara yang optimal di rentang revolusi mesin yang lebih luas

•    Blok cor besi yang unik memanaskan mesin dengan lebih cepat daripada blok aluminium konvensional, mengurangi jumlah energi "pemanasan" yang dibutuhkan sebesar 50 persen dan meningkatkan penghematan bahan bakar

•    Sistem “split-cooling” memiliki termostat terpisah untuk kepala silinder dan blok untuk memungkinkan pemanasan cepat

•    Dua drive belt mesin utama direndam dalam pelumas untuk menghasilkan mesin yang lebih tenang dan lebih efisien sedangkan variable oil pump memastikan tekanan minyak yang optimal di seluruh rentang percepatan

Dipuji di seluruh dunia

Sejak diluncurkan di Eropa pada musim semi lalu, mesin EcoBoost 1.0 liter telah mendapatkan banyak penghargaan global yang bergengsi. Mesin ini dipilih sebagai International Engine of The Year 2012 oleh dewan juri yang terdiri dari 76 jurnalis dari 36 negara, menang dengan margin suara terbesar dalam sejarah penghargaan ini.

Mesin ini kemudian mendapatkan Breakthrough Award dari majalah Popular Mechanics di AS, Dewar Trophy yang terkemuka dari Royal Automobile Club di Inggris Raya, dan International Paul Pietsch Award 2013 bergengsi untuk inovasi teknologi di Jerman.

EcoBoost 1.0 liter juga telah membuktikan bahwa kecil tidak berarti lambat. Bulan Juni lalu, mesin ini memecahkan 16 rekor kecepatan darat di sebuah arena pacuan di Prancis. Ford Focus bermesin EcoBoost 1.0 liter yang tidak dimodifikasi mencapai akselerasi 0-100 km/jam dalam 11,3 detik dan kecepatan tertinggi 193 km/jam.

Pada bulan September, sebuah mobil balap Formula Ford yang unik menggunakan EcoBoost 1.0 liter yang kecil tapi kuat menorehkan prestasi yang mengalahkan supercar di sirkuit Nürburgring legendaris di Jerman. Mobil balap ini mencatat lap ke-11 tercepat dengan 7 menit, 22 detik - lebih tinggi dalam daftar daripada supercar bermesin lebih dari 600 tenaga kuda, seperti Aventador Lamborghini, Ferrari Enzo dan Pagani Zonda.

"EcoBoost 1.0 liter membuktikan bahwa ukuran tidak penting," kata Pearson. "Mesin ini tidak memaksa pelanggan untuk memilih antara performa dibandingkan penghematan bahan bakar atau daya respons dibandingkan kemulusan mesin. Ini adalah mesin tanpa kompromi yang memberikan semuanya."