Merah Putih Berkibar Di Pulau Kecil; Merdeka Untuk Indonesia

Merah Putih Berkibar Di Pulau Kecil; Merdeka Untuk Indonesia

Blangpidie, Aceh, Kabarindo- Puluhan pemuda bersama TNI dan Polri melakukan pengibaran Bendera Merah Putih di sebuah pulau kecil di wilayah Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Minggu, dalam rangka memeriahkan HUT ke-70 Kemerdekaan Indonesia.

Panitia pelaksana Nasruddin Oos di Blangpidie, mengatakan, pengibaran Bendera Merah Putih di Pulau Gosong itu merupakan yang pertama kali dilakukan dan diharapkan kegiatan itu akan terus dilakukan pada masa-masa mendatang.

Pulau kecil dengan luasnya seukuran lapangan bola kaki tersebut tidak berpenghuni dan letaknya sekitar 4 kilometer dari daratan Kecamatan Susoh. Pulau yang bernama Gosong tersebut sebelumnya tidak pernah dikibarkan Merah Putih pada peringatan HUT RI.

Nasruddin menjelaskan, upacara pengibaran bendera melibatkan unsur Muspida Abdya dan TNI-Polri melibatkan organisasi pemuda Abdya yang terdiri dari organisasi Blood For Life Foundation (BFLF), Komunitas fotografer Orang Sinting (KomfOOS), Aceh Research And Consulting (ARC), Pusong Diving Club (PDC), dan Kapal Pemuda Nusantara (KPN).

"Terlaksananya upacara pengibaran bendera di pulau kecil yang tidak berpenghuni itu tidak terlepas atas dukungan penuh yang diberikan oleh Kodim 0110 Abdya bersama Polres," katanya.

Dijelaskannya lagi, pengibaran merah putih di pulau tersebut dilaksanakan melalui upacara yang dipimpin oleh Dandim 0110 Abdya Letkol Inf Suhartono, sedangkan komandan upacara oleh Syamsul Kahar dari organisasi Aceh Research And Consulting.

"Bendera Merah Putih yang dikibarkan itu dibawa dari bawah laut oleh tim Pusong Diving, setelah tiba di pulau, tim menyerahkan langsung kepada Dandim Abdya yang selanjutnya, Letkol Inf Suharto menyerahkan kepada penggerek bendera untuk dikibarkan," kata Oos.

Ditambahnya, pengibaran berndera di Pulau Gosong yang dilakukan oleh pemuda dan pemudi tersebut sebagai bentuk kecintaan kepada Tanah Air Indonesia serta menanam nilai nasionalisme kepada kaum muda lainnya di nusantara ini.

"Kita lakukan di pulau itu agar menjadi daya tarik tersendiri terhadap masyarakat dan Pemerintah Abdya agar pulau kecil yang unik ini dapat menjadi objek wisata unggulan di masa sekarang dan mendatang," katanya.

Selain Dandim 0110 Abdya, upacara pengibaran bendera turut dihadiri Wakapolres Abdya, Kompol Wahyudi Sabara, Kajari Blangpidie Umar Zakar, perosnil TNI-Polri dan puluhan pemuda pemudi seperti dilansi dari laman antaranews.