Mentan Kabinet Kerja; Targetkan Optimasi Lahan 100 Ribu Hektare

Mentan Kabinet Kerja; Targetkan Optimasi Lahan 100 Ribu Hektare

Lombok, Kabarindo- Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Ia menargetkan optimasi lahan seluas 100 ribu hektare di Nusa Tenggara Barat untuk mendukung pembangunan kedaulatan pangan dan perdesaan melalui pertanian rakyat.

"Saya tadi sudah bilang ke Kadis Pertanian NTB ada bantuan khusus optimasi harus segera dibangun dan saya targetkan 100 ribu hektare," kata Mentan di Lombok, Selasa.

Hal ini, ia sampaikan saat melakukan kunjungan kerja ke Desa Aikmual, Lombok Tengah untuk melihat sistem irigasi di daerah tersebut.

Ia mengatakan, cara optimasi lahan tersebut antara lain diberi benih gratis dan pupuk gratis sehingga nantinya bisa menangkat produksi pertanian di NTB.

"Rencana tersebut juga sudah diuji cobakan oleh Kadis Pertanian NTB, bahwa dengan optimasi lahan sebesar 100ribu hektare akan meningkatkan produksi mencapai 10 ton," kata Amran.

Dalam kunjungannya ke Lombok, Menteri Pertanian juga memberikan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) berupa berupa 1.637 traktor untuk para petani di NTB pada tahun ini.

Diharapkan, dengan adanya optimasi lahan dan bantuan traktor dapat amenaikkan produksi pertanian 25 sampai 30 persen di NTB.

NTB merupakan provinsi ke 21 yang dikunjungi Menteri Pertanian dalam rangka memberikan bantuan kepada para petani di seluruh Indonesia untuk meningkatkan dan mencapai swasembada pangan yang ditargetkan oleh Presiden Joko Widodo seperti dilansir dari laman antaranews.