Menristek RI; Siap Pakai Mobil Listrik Hevina

Menristek RI; Siap Pakai Mobil Listrik Hevina

Jakarta, Kabarindo- Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Gusti Muhammad Hatta.

Ia menyatakan ingin menggunakan mobil listrik Hevina untuk kegiatan operasionalnya.

"AC-nya enak dan InsyaAllah akan menjadi mobil operasional saya di Jakarta nantinya," kata Gusti usai mencoba mengendarai sedan listrik Hevina di pelataran parkir Graha Widya Bhakti DRN di Puspiptek Tangerang Selatan, Senin kemarin seperti dilansir dari laman antaranews.

Meski mengaku belum fasih mengendarai mobil sedan listrik tersebut, Gusti mengatakan bahwa mobil itu sangat nyaman dikendarai.

"Mantap ini. Saya kasih dua jempol untuk sedan listrik ini. Pokoknya mantap," ujarnya.

Sedan listrik Hevina adalah mobil listrik yang dikembangkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Ketua tim penelitian sedan listrik Hevina, Abdul Hapid, mengemukakan sedan Hevina itu merupakan hasil pengembangan ketiga dari Hevina.

Peneliti dari Pusat Penelitian Listrik dan Mekatronika LIPI itu menjelaskan, pengembangan fitur Hevina tahap tiga disesuaikan dengan pemakai, dan fungsi serta jabatan pemakai.

Selain sedan listrik, LIPI juga mengembangkan bus listrik Hevina yang bisa berfungsi sebagai tempat pertemuan bergerak.

"Jadi ini bisa jadi solusi di kemacetan, jadi misalnya pak ketua harus ke Cibinong tapi juga harus rapat, jadi bisa rapat di mobil ini sekalian dalam perjalanan menuju Cibinong. Jadi menghemat waktu," jelas Abdul.

Menurut dia, jika dibandingkan dengan mobil listrik lainnya Hevina lebih ramah lingkungan, tidak bising, dan irit bahan bakar.