Menpora Minta Atlet; Harus Belajar Via E-Learning

Menpora Minta Atlet; Harus Belajar Via E-Learning

Jakarta, Kabarindo- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo.

Ia berharap para atlet bisa memanfaatkan pendidikan formal melalui jaringan internet (e-learning) meskipun mereka fokus latihan.

"E-learning itu adalah kewajiban negara tapi ini bukan hanya tanggung jawab kami tapi merupakan tanggung jawab bersama untuk membantu atlet agar tidak kesulitan mendapat pekerjaan yang diharapkan jika pensiun nanti," ujar Roy Suryo di Gedung Kemenpora, Jakarta, Kamis.

Menurut dia, Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan membuat MoU dengan Universitas Terbuka untuk memberikan pendidikan formal melalui online kepada para atlet.

"Segera ditandatangani kerjasama Mou antara Kemenpora dengan Universitas Terbuka di tahun ini untuk level S1 maupun S2 lewat E-learning ini. Ini akan menjawab kebutuhan pendidikan bagi para atlet," ujar dia.

Ia mengatakan atlet bisa mengakses pendidikan formal melalui jaringan internet (online). Mereka bebas menentukan waktu belajar dan ujian.

"Waktu belajar atau ujian kita serahkan kepada atlet. Bisa setelah atau sesudah latihan mereka," ujar dia.

Ketika disinggung mengenai bonus atlet, ia belum bisa menjanjikan bonus bagi atlet di SEA Games 2013 karena terbatasnya anggaran.

"Untuk bonus atlet akan selalu diupayakan, tapi karena saya belum melakukan apa-apa, saya belum janji. Dengan kondisi yang seperti ini, saya meyakini para atlet akan lebih tertantang untuk menorehkan prestasi terbaiknya. Rasa nasionalisme dan mental mereka akan diuji di sini. Saya sengaja cerita apa adanya, tapi sebenarnya saya memikirkan itu tapi tidak mau janji yang muluk-muluk," ujar dia seperti dilansir dari laman antaranews.