Menperin Dorong Kepemilikan Asing; Sektor Industri Hulu Farmasi

Menperin Dorong Kepemilikan Asing; Sektor Industri Hulu Farmasi

Jakarta, Kabarindo- Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mendorong kepemilikan asing di industri hulu farmasi hingga 100%. Investasi di hulu sangat dibutuhkan untuk mengurangi ketergantungan impor bahan baku farmasi yang saat ini mencapai 90%.

"Kami terus mendorong, kalau bisa asing dapat masuk sampai 100% untuk membangun industri hulu farmasi sehingga kita tidak lagi kekurangan bahan baku, kata Menperin di sela acara Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan di Jakarta, Rabu (27/1).

Menperin menekankan pentingnya membangun industri hulu agar dapat mensubstitusi impor bahan baku. Industri hulu farmasi adalah industri yang sangat padat modal, sehingga diperlukan investasi yang sangat besar.

"Yang paling utama adalah bagaimana kita dapat mengurangi importasi dengan membangun industri hulu yang menghasilkan bahan baku sehingga kita bisa melakukan substitusi impor yang selama ini ketergantungan bahan baku obat impor mencapai 90%," ujar Menperin seperti dilansir dari laman beritasatu.