Menpan 2016; Siap Angkat 45 Ribu Tenaga Kesehatan Secara Otomatis

Menpan 2016; Siap Angkat 45 Ribu Tenaga Kesehatan Secara Otomatis

Jakarta, Kabarindo- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi menegaskan akan mengangkat 45 ribu tenaga kesehatan pada April 2016.

"Ke 45 ribu tenaga kesehatan itu meliputi dokter pegawai tidak tetap (PTT) 1.184 orang, dokter gigi 904 orang, tenaga tim nusantara sehat  4.310 orang, dan bidan PTT 42.135," kata Yuddy saat menerima audiensi perwakilan bidan PTT se-Indonesia, di kantor Kemenpan RB, Jumat (23/10) malam.

Yuddy juga menyatakan telah berkoordinasi dengan wakil presiden mengenai pengangkatan 45 ribu nakes pada April 2016 mendatang.

"Kami sudah koordinasi dengan Pak Jusuf Kalla terkait pengangkatan nakes," ujarnya.

Keberadaan tenaga kesehatan, menurut Yuddy, sangat dibutuhkan untuk memberikan pelayanan kesehatan di daerah-daerah terpencil.

"Pada prinsipnya dokter dan bidan PTT dibutuhkan di daerah-daerah terpencil sebagai ujung tombak dalam pelayanana kesehatan masyarakat," tegasnya.

Mengenai pengangkatan bidan PTT menjadi PNS, Yuddy menegaskan bahwa pengangkatan bidan PTT menjadi PNS tanpa dipungut biaya sepersen-pun,

"Jika ada pungli, segera laporkan ke kami," tegasnya.

Anggota Komisi IX DPR RI, Imam Soeroso yang turut mendampingi bidan PTT mengatakan bahwa Menteri Kesehatan sudah menyetujui pengangkatan bidan PTT.

"Komisi IX DPR sudah memberikan rekomendasi ke Menkesuntuk  menyetujui pengangkatan bidan PTT," ujarnya.

Anggota Komisi II DPR, Arteria Dahlan menyampaikan terima kasih kepada Menpan yang responsif untuk mengangkat bidan PTT menjadi PNS. Menurutnya, Pak Menpan cepat tanggap merespon aspirasi yang disampaikan bidan PTT pada rapat Komisi II bersama Menpan pada Rabu (21/10) lalu.

"Hasil rapat tersebut, poinnya agar Menpan menyampaikan sendiri secara langsung kepada bidan PTT," katanya.

Menanggapi langkah Menpan yang akan angkat bidan PTT menjadi PNS, juru bicara bidan PTT, Elfi Anggraini mengapresiasi Menpan atas terealisainya pengangkatan bidan PTT menjadi PNS.

"Kami mewakili ribuan bidan PTT menyampaikan banyak terima kasih  kepada Komisi IX dan Komisi II yang terus mendampingi perjuangan kami," ujarnya.

Harapan kami, DPR terus mengawal Kemenpan) dan Kemenkes terkait proses rekruitmen bidan PTT menjadi PNS.

"Kami berharap komitmen pemerintah untuk merealisasikan pengangkatan bidan PTT menjadi PNS tewujud sebagaimana visi Nawacita Jokowi-JK," tukasnya.

Untuk diketahui, hadir dalam audiensi tersebut, adalah Menpan beserta jajaran, anggota komisi IX DPR, Imam Soeroso, anggota komisi II DPR, Arteria Dahlan, dan perwakilan bidan PTT 10 propinsi, meliputi: Aceh, Sumut, Sumbar,Jabar,  Jatim, Jateng, Banten, Kalimantan, Kepri Batam, dan DI Yogyakarta.