Menkominfo Tinjau Kesiapan XL; Di KTT APEC

Menkominfo Tinjau Kesiapan XL; Di KTT APEC

Surabaya, Kabarindo- Menkominfo Tifatul Sembiring meninjau kesiapan PT XL Axiata Tbk sebagai penyedia layanan telekomunikasi (Telco Partner) pada penyelenggaraan Asia-Pacific Economic Cooperation  (APEC) di Bali selama 1-8 Oktober.

Dalam rilis yang diterima pada Sabtu (5/10), disebutkan Tifatul meresmikan Booth XL 4G di Bali Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua, tempat berlangsungnya KTT APEC pada Jumat (4/10) dan mencoba layanan 4G LTE. Tifatul mencoba video conference dan melihat hasil karikatur yang dilakukan di tempat terpisah menggunakan jaringan 4G.

Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi, memberikan penjelasan kepada Tifatul mengenai sejumlah fasilitas telekomunikasi dan pendukung lainnya untuk melayani kebutuhan berbagai pihak yang terkait dengan event besar tersebut.

Salah satu dukungan yang diberikan XL adalah pengadaan Booth 4G di ballroom Singaraja BNDCC1 Nusa Dua – Bali. Fasilitas yang disediakan di sini antara lain gratis perdana XL, direct experience TUG Voip dan 4G Network, trial 3G dan 4G XL, kinnect games online, sosialisasi gadget expert dan customer service serta merchandise.

XL telah meningkatkan kapasitas jaringan di beberapa lokasi. Khusus di area Nusa Dua,  disiagakan 45 BTS 2G dan 51 BTS 3G. Area Nusa Dua ini juga terjangkau 3G sepenuhnya. Selain di tempat konferensi, XL meningkatkan coverage di hotel-hotel yang menjadi tempat menginap para peserta APEC. Juga menambah kapasitas jaringan 2G dan 3G serta menambah kapasitas transmisi. Persiapan khusus juga dilakukan di Bandara International Ngurah Rai yang menjadi pintu masuk kedatangan para tamu APEC.

Jaringan XL di Bali telah menjangkau seluruh kecamatan. Untuk layanan 3G, sudah menjangkau seluruh kabupaten/kota. Proses modernisasi jaringan di Bali dimulai pada 2011 sehingga hampir semua BTS sudah menggunakan teknologi terbaru yang GoGreen. Kini jaringan XL di Bali didukung oleh bentangan fiber optic yang menghubungkan Jawa – Bali dan Bali -  Lombok – Sulawesi, serta dua lapis ring di Bali (ring di Denpasar dan Kuta) dan beberapa bentangan fiber optic dari Denpasar menuju beberapa kota lain.

Dengan dukungan infrastruktur jaringan yang andal, kualitas layanan XL di Bali memadai untuk berkomunikasi baik untuk layanan data maupun voice/SMS. Secara total XL mempunyai 1.121 BTS 2G dan 773 BTS 3G untuk melayani lebih dari 3 juta pelanggan dan pelanggan inbound roamer di Bali.