Menkeu RI; Raih Penghargaan Dari AsiaFinance

Menkeu RI; Raih Penghargaan Dari AsiaFinance

Jakarta, Kabarindo- Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro.

Ia mendapatkan penghargaan sebagai salah satu menteri keuangan terbaik, dari lembaga penerbitan di bidang keuangan dan pasar modal Asia, AsiaFinance.

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Yudi Pramadi dalam keterangannya di Jakarta, Senin, menyebutkan penghargaan tersebut adalah peringkat kedua kategori "Finance Minister of the Year 2015".

Lembaga yang berbasis di Hong Kong ini menilai Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro telah mengambil beberapa kebijakan penting, meskipun baru menjabat sejak awal November 2014, salah satunya terkait subsidi BBM.

Reformasi yang dilakukan tersebut, menurut AsiaFinance, dapat memberikan tambahan dana tunai dalam bentuk belanja infrastruktur yang diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, rasio utang terhadap PDB Indonesia dianggap memadai, meskipun telah terjadi beberapa risiko seperti perlambatan ekonomi dan penurunan harga komoditas energi yang menyebabkan perlemahan ekspor.

Penyusunan peringkat "Finance Minister of the Year 2015" ini dilakukan berdasarkan kontribusi Menteri Keuangan di berbagai negara Asia Pasifik dalam mengelola anggaran, kebijakan fiskal dan pembangunan pasar modal.

Proses penyusunan rangking juga dilakukan berdasarkan reformasi struktural yang dilakukan oleh negara berkembang ekonomi di kawasan ini, untuk menghadapi tantangan ekonomi 2015 yang semakin sulit dan susah diprediksi seperti dilansir dari laman antaranews.